post-title

Cara membuat bayi lebih percaya diri

Percaya diri anak perlu dipupuk sejak dini. Diperlukan dukungan dari orang tua dalam mengarahkan buah hatinya agar menjadi pribadi yang percaya diri💖. Bagaimana caranya?


Ciri anak yang percaya diri dan tidak

✨Anak yang percaya diri

Anak yang percaya diri biasanya tidak berlarut-larut saat membuat kesalahan. Mereka akan berusaha untuk memecahkan masalah mereka dengan kekuatannya sendiri. Mereka juga merasa dirinya berarti😊 dan setara dengan anak lain.

💭Anak yang tidak percaya diri

Anak yang tidak percaya diri akan merasa dirinya tidak berarti sehingga sering berkomentar negatif pada dirinya sendiri. Mereka juga sering menunggu bantuan orang lain, menarik diri dari teman, dan rentan terhadap stres😵.


Tips melatih anak percaya diri sejak dini!

👏Berikan dukungan saat si kecil sedang menyelesaikan masalah

Memberikan dukungan untuk menyelesaikan dan membantu menyelesaikan adalah dua hal yang sangat berbeda. Biarkan si kecil👶 untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan hindari untuk langsung mengambil alih ketika ia membutuhkan bantuan. Anda dapat memberikan sedikit petunjuk dan dukungan positif melalui kata-kata.

⏲️Berikan waktu pada anak untuk berlatih

Saat mencoba suatu keterampilan baru, berikan anak cukup waktu dalam mencobanya. Biarkan si kecil untuk melakukannya berulang-ulang✍🏻sampai ia berhasil menguasainya. Hal ini akan mengembangkan rasa percaya diri dan harga dirinya.

🎈Memberikan pujian

Memberikan pujian pada si kecil dengan tepat dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri. Yang dimaksud dengan memberikan pujian secara tepat adalah dengan memberikan pujian atas usahanya😉 bukan pada hasilnya.

✔️Berikan contoh role model

Memberikan contoh atau role model yang baik dapat membuat si kecil belajar tentang sifat pantang menyerah dan kerja keras dari role modelnya. Anda dapat menjadikan diri Anda sebagai role model, ataupun memberikan contoh musisi🎵, atau atlet yang dapat dijadikan role modelnya.