post-title

Bayi keringetan saat tidur?

Bayi yang berkeringat ketika tidur merupakan hal yang normal. Namun, ada beberapa kondisi medis yang juga memiliki ciri keringat✨ berlebih. Apa saja?


Ini penyebab bayi berkeringat ketika tidur!

📌Lokasi kelenjar keringat bayi

Kelenjar keringat orang dewasa tidak terbatas hanya pada satu bagian di tubuh. Namun, pada bayi, lokasi kelenjar keringat mereka yang paling aktif terdapat pada area kepala mereka. Hal ini membuat mereka mengeluarkan keringat yang berlebih terutama saat malam🌙 hari karena mereka tidak banyak mengubah posisi kepala.

💡Sistem saraf bayi belum sempurna

Sistem saraf bayi yang baru lahir belum berkembang dengan sempurna. Karena itu, bayi menjadi berkeringat ketika tidur🛏️ karena sistem saraf belum dapat mengatur suhu tubuh bayi.

☀️Bayi kepanasan

Bayi yang kepanasan juga dapat menyebabkan ia berkeringat saat tidur. Bisa saja baju👚 tidur yang ia kenakan terlalu tebal, atau suhu kamar terlalu hangat.

😴Bayi tidur nyenyak

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga berkeringat ketika tidur nyenyak. Bayi cenderung menghabiskan waktu dalam siklus⏲️ tidur nyenyak yang membuat mereka lebih banyak berkeringat ketika malam hari daripada orang dewasa.


Kondisi medis apa saja yang memiliki gejala keringat berlebih?

☁️Sleep Apnea

Sleep apnea yang sering dialami bayi prematur merupakan salah satu penyebab bayi berkeringat ketika tidur. Tubuh bayi bekerja dengan sangat keras untuk bernapas karena biasanya sleep apnea menyebabkan napas🌬️ tiba-tiba berhenti selama sekitar 20 detik.

⚡Hyperhidrosis

Hyperhidrosis merupakan kondisi medis yang membuat bayi berkeringat melebihi yang diperlukan tubuh untuk menjaga suhu tubuh normal. Bayi dengan kondisi medis ini berkeringat deras meskipun berada dalam ruangan dengan suhu udara yang dingin🥶.

❤️Penyakit jantung bawaan

Perkembangan jantung yang tidak sempurna ketika bayi di dalam kandungan🤰 menyebabkan bayi mengalami penyakit jantung bawaan. Kondisi ini membuat bayi lebih banyak berkeringat karena jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.


Lakukan hal ini agar bayi tidak kegerahan ketika tidur!

🍼Susui bayi sebelum tidur

Menyusui bayi sebelum tidur mencegah bayi mengalami dehidrasi🌊 ketika tidur. Hal ini juga dapat membantu mencegah bayi terbangun di malam hari karena haus.

🌸Pakaikan bayi baju tidur yang nyaman

Hindari memakaikan bayi baju tidur yang berbahan tebal. Selain itu, atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau panas🍃.