post-title

Rawat gigi susu bayi sejak dini!

Anda pasti menunggu-nunggu gigi si kecil untuk keluar. Saat sudah keluar, gigi susu🦷 perlu dirawat dengan baik lho, meskipun nantinya akan lepas. Berikut informasi lengkap mengenai kapan saja gigi susu keluar dan tips merawatnya!


Pentingnya merawat gigi susu

🎈Kapan gigi susu tumbuh dan tanggal?

Gigi susu mulai tumbuh biasanya ketika usia bayi sudah menginjak usia 6-12 bulan. Sedangkan gigi susu akan tanggal biasanya ketika anak menginjak usia sekolah🤓. Namun jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada setiap anak tidaklah sama. Berikut tabel tumbuh dan tanggalnya gigi susu anak yang dilansir dari Audy Dental.

⚡Akibat apabila gigi susu tidak dirawat

Lapisan email pada gigi susu lebih tipis dibandingkan gigi dewasa yang membuatnya rentan mengalami lubang☹️. Rongga yang terdapat di antara gigi susu juga menyebar lebih cepat dan dapat mencapai gigi dewasa yang berada di bawahnya.


Tips rawat gigi susu si kecil!

✔️Bersihkan gusi bayi

Jangan lupa untuk membersihkan gusi bayi sesudah ia selesai makan dan sebelum tidur. Anda dapat menggunakan lap bersih yang agak basah🌊 dan lembut untuk membersihkan gusi si kecil.

🪥Mengajari si kecil untuk sikat gigi sambil memberi contoh

Ajarkan si kecil menyikat gigi sambil memberinya contoh. Anda dapat mengajarinya sambil memutarkan lagu🎵 kesukaannya agar ia lebih tertarik.

💡Gunakan pasta gigi khusus anak kecil

Menggunakan pasta gigi khusus anak kecil👶 yang memiliki beragam varian warna akan membuat anak senang menyikat gigi. Anda bisa membantu menggosok giginya hingga ia bisa benar-benar menyikat giginya sendiri.

👩‍⚕️Mengunjungi dokter gigi

Rutin melakukan pemeriksaan🏥 gigi juga penting bagi bayi. Walaupun nantinya gigi susu akan tanggal, tapi gigi susu berperan dalam mempersiapkan tempat bagi gigi permanen.