post-title

Kapan bayi bisa mengenali namanya sendiri?

Ada bayi yang langsung menoleh saat namanya dipanggil, namun ada juga yang hanya menatap👀 sambil terlihat bingung. Mulai kapan sebenarnya bayi dapat mengenali namanya sendiri?


Kapan ya bayi tahu namanya sendiri?

🌸Usia bayi saat tahu dirinya punya nama

Bayi yang berusia 6 hingga 9 bulan biasanya akan mengetahui dirinya mempunyai nama. Pada usia 6 bulan, bayi telah dapat mengenali korelasi antara nama yang sering Anda panggil dengan dirinya. Sehingga, bayi telah dapat merespon dengan senyuman😊 atau tawa saat Anda memanggil namanya.

💭Kapan bayi bisa mengucapkan namanya?

Ketika si kecil berusia 15 sampai 18 bulan, biasanya ia akan sudah dapat mengingat namanya dan mengucapkan namanya walaupun terbata-bata. Namun, tentunya tidak semua anak memiliki kecepatan perkembangan yang sama😉, karena itu, bersabarlah jika si kecil belum dapat mengucapkan namanya.


Bantu si kecil untuk mengenali namanya!

🎵Ubah nada suara Anda

Ahli patologi wicara-bahasa anak Laura Mize merekomendasikan untuk mengubah nada suara ketika Anda memanggil bayi👶. Anda dapat memanggil si kecil dengan bisikan yang bersemangat ketika menyebut namanya.

✔️Menggunakan nama bayi sesering mungkin

Menggunakan nama bayi sesering mungkin dapat membantu si kecil menyadari namanya. Anda dapat memasukan nama mereka dalam percakapan, misalnya “sekarang sudah waktunya makan🥄, ya, Amanda”, atau “Amanda mau mandi?”.