post-title

Bayi sudah cukup makan atau tidak ya…

Bayi yang telah mencapai usia 6 bulan biasanya telah dapat menaiki tonggak perkembangan baru yaitu makanan makanan yang padat atau biasa disebut dengan MPASI🥄. Nah, namun bagaimana cara mengetahui jika si kecil sudah cukup makan atau belum?


Mengenal lebih dalam kebutuhan makanan si kecil

💡Masih perlukah bayi yang berusia 6-9 bulan minum ASI?

Anda sebaiknya tetap memberikan ASI pada si kecil walaupun ia terlihat sudah tidak lagi tertarik untuk menyusu. Bayi pada usia 6-9 bulan memerlukan kurang lebih 6 hingga 8 ons ASI atau susu formula, setiap 3-4 jam sekali⏲️ dan sebanyak 5 hingga 7 kali per harinya. Jika di total, berarti bayi pada usia ini memerlukan 24-36 ons ASI atau susu formula per harinya.

💭Cara memperkenalkan bayi dengan MPASI

Dalam memperkenalkan si kecil MPASI, Anda harus melakukan dengan bertahap dan mengikuti isyarat dari bayi Anda. Anda dapat mulai memperkenalkannya dengan satu hingga dua sendok makan puree atau sereal bayi yang dicampur ke dalam ASI atau susu formula🍼.

🍽️Makanan apa saja yang boleh dikonsumsi bayi usia 6-9 bulan?

Perkenalkan bayi dengan berbagai macam makanan, contohnya kacang-kacangan, sayuran, daging🥩, telur, susu, dan buah-buahan. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan makanan-makanan baru pada si kecil guna mencegah risiko alergi.


Cara mengetahui bayi sudah cukup makan atau belum

😊Ekspresi bayi

Anda dapat mengetahui apakah si kecil sudah cukup makan atau belum dari gestur tubuh dan ekspresi wajahnya. Bayi pada usia ini biasanya memerlukan kurang lebih 80 kkal/kg/hari. Anda sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin dokter👩‍⚕️ anak guna memantau berat badan dan pertumbuhan si kecil.

🍚Si kecil senang mengacak-acak makanannya!

Mungkin Anda akan langsung menegur jika si kecil terlihat mengacak-acak makanannya. Namun tahukah Anda, tindakan si kecil yang terkesan hanya mengacak-acak ini sebenarnya sangatlah penting bagi perkembangan dan ketertarikannya pada makanan. Saat mengacak-acak, bayi akan merasakan tekstur, dan bau🌬️ dari berbagai makanan.