post-title

Si kecil suka menarik rambutnya sendiri!

Bayi memiliki berbagai kebiasaan dan tingkah laku yang unik. Salah satunya adalah menarik🤏 rambutnya sendiri. Namun, bagaimana jika si kecil terlalu sering menarik-narik rambutnya sendiri? Normalkah hal ini?


Normalkah bayi sering menarik-narik rambutnya?

📌Wajarkah jika bayi sering menarik rambutnya sendiri?

Amati kapan, dimana saja, dan selama apa bayi menarik rambutnya. Apabila ia terus menarik rambutnya dalam waktu yang sangat lama sampai rambutnya mulai botak, sebaiknya Anda membawa si kecil ke dokter👩‍⚕️ karena bisa saja ia mengalami Trikotilomania.

💡Apakah kebiasaan ini akan hilang?

Kebiasaan menarik rambut ini bisa menghilang namun juga bisa kembali lagi. Bahkan, ada yang terus berlanjut seumur hidupnya. Akan lebih baik jika Anda mengarahkan🤓 si kecil sejak dini untuk mengalihkan fokusnya agar tidak terus menarik rambutnya.


Waspadai anak mengalami Trikotilomania!

✨Mengenal lebih dalam Trikotilomania

Trikotilomania merupakan salah satu gangguan mental yang menyebabkan penderitanya memiliki dorongan yang sulit ditahan😖 untuk menarik dan mencabuti rambut yang terdapat di kepalanya. Trikotilomania biasanya dialami oleh anak berusia 9 hingga 13 tahun. Namun, bayi berusia 1 tahun juga dapat mengalaminya.

⚡Sering salah dikira OCD

Trikotilomania sering salah dikira sebagai gangguan obsesif-kompulsif atau OCD. Anda sebaiknya membawa si kecil ke dokter🏥 untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.


Penyebab dan cara tangani bayi yang sering menarik rambutnya

💭Hal yang menyebabkan si kecil senang menarik rambutnya

Bayi berusia di bawah 12 bulan yang menarik-narik rambutnya dapat menjadi gejala bahwa mereka sedang stres, marah, lelah😞, lapar, atau bosan. Tindakan menarik rambut membuat mereka merasa lebih tenang. Namun, rasa penasaran dan kesenangannya mengeksplor hal baru juga dapat menjadi alasan lain ia menarik-narik rambutnya.

🌸Tangani dengan cara berikut ini!

Anda dapat memberikan mainan yang mirip dengan rambut, contohnya bantal berbulu atau boneka🧸 pada bayi Anda untuk mengalihkan perhatian mereka. Selain itu, Anda juga dapat mengenakan sarung tangan pada tangan bayi Anda agar tidak menarik rambutnya sendiri.