post-title

Bayi laki-laki sering menarik penisnya

Anda pastinya terkejut dan khawatir saat melihat bayi Anda memainkan penisnya✨ sendiri. Apakah hal tersebut normal? Mengapa mereka memainkan penisnya sendiri?


Apakah wajar bayi laki-laki suka memainkan penisnya sendiri?

📌Wajar? Atau tidak?

Berdasarkan Babycenter, bayi laki-laki yang memainkan penisnya sendiri adalah hal yang normal. Umumnya hal ini dimulai ketika si kecil telah menginjak usia 4-6 bulan🗓️.

💭Mengapa si kecil memainkan penisnya sendiri?

Si kecil memainkan penisnya sendiri karena rasa ingin tahunya dan bagian dari caranya mengeksplorasi tubuhnya. Penis adalah bagian tubuh yang mudah dijangkau🤏 dan menarik bagi bayi laki-laki.


Tips menangani bayi yang terlihat seperti melakukan masturbasi

💨Hindari langsung menegur

Hindari langsung memarahi dan mengatakan bahwa menyentuh alat kelamin adalah hal yang salah dan buruk😞. Karena hal ini malah akan mengajarkan mereka bahwa tubuh dan seksualitas mereka buruk.

✔️Berikan si kecil mainan untuk mengalihkan perhatian

Anda dapat mengajak si kecil bermain atau memberikannya mainan🎈 untuk mengalihkan perhatiannya. Anda juga dapat memakaikan si kecil popok untuk membantu mencegahnya memainkan alat kelaminnya.

💡Berikan pengertian

Semakin si kecil bertumbuh, Anda dapat mulai memberikan pengertian bahwa menyentuh alat kelaminnya bukanlah hal yang salah, tapi hal tersebut merupakan kegiatan pribadi yang tidak seharusnya dilakukan di depan umum🏠.


Bawa bayi ke dokter jika terdapat gejala berikut!

⚡Tanda iritasi kulit

Apabila terdapat tanda-tanda iritasi kulit atau infeksi pada alat kelamin si kecil, segera bawa bayi Anda ke dokter. Tanda-tanda iritasi dapat berupa gatal, kemerahan😖, dan bengkak.

📝Setelah anak berusia 5 tahun

Bawa anak ke dokter apabila anak masih juga sering memainkan alat kelaminnya di depan umum walaupun telah berusia 5-6 tahun. Karena seharusnya anak sudah enggan memainkan alat kelaminnya saat telah berusia sekolah📙 karena melihat teman-temannya tidak melakukannya.