post-title

Akibat sering memaksa bayi makan

Senang rasanya jika si kecil selalu makan dengan lahap semua makan yang diberikan. Namun bagaimana jika si kecil susah makan🍽️? Apakah si kecil harus dipaksa?


Dampak jika sering memaksa bayi makan

😞Menurunnya selera makan

Apabila Anda marah-marah dan kehilangan kesabaran, biasanya si kecil juga akan ikut kesal. Selera makannya juga akan menurun. Bayi-pun jadi tidak ingin makan🥄.

☁️Benci makan dan trauma

Anak yang sering dipaksa makan bisa jadi akan tumbuh menjadi anak yang benci makan. Hal ini karena anak akan terus mengingat🧠 bahwa betapa tidak enaknya dipaksa menelan makanan yang tidak mereka inginkan. Anak juga bisa menjadi trauma dengan jenis makanan yang Anda paksa untuk mereka makan.

🤢Muntah dan masalah kesehatan

Saat anak dipaksa untuk menelan makanan yang tidak mereka inginkan, bisa saja ia refleks memuntahkan makanan yang dijejalkan. Jika anak sering memuntahkan🤮 makanan, lama kelamaan anak bisa mengalami kekurangan gizi.


Solusi agar anak mau makan!

🍬Jangan memberi cemilan saat menjelang waktu makan

Hindari memberikan si kecil cemilan menjelang waktu⏲️ makan. Makan cemilan akan membuatnya kenyang sehingga menolak makan saat waktunya makan.

🍚Makan bersama-sama

Makan bersama-sama si kecil dapat membuatnya ikut melihat Anda saat makan. Sehingga si kecil bisa ikut tertarik😉 dan mencontoh makanan yang Anda makan.

🍴Memakai peralatan makan yang menarik

Menggunakan peralatan makan yang menarik dapat membuat si kecil lebih semangat untuk makan. Anda dapat memilih peralatan makan dengan gambar lucu🌸 atau warna menarik.

✔️Ketika memberikan jenis makanan baru

Anda dapat memberikan si kecil porsi dalam jumlah kecil ketika memberikannya jenis makanan baru. Anda juga dapat memberikannya bersamaan dengan makanan kesukaannya😊.