post-title

Bayi tidak mau minum susu!

Susu sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, bagaimana jika si kecil tiba-tiba mogok minum susu🍼? Apa yang harus dilakukan?


Sebelumnya, mari kita ketahui hal yang menyebabkan bayi tidak mau minum susu!

😞Posisi bayi tidak nyaman

Posisi bayi ketika menyusu dari payudara atau dari botol sebaiknya diperhatikan dengan baik agar bayi merasa nyaman. Anda dapat mencoba berbagai posisi, digendong, atau di tempat tidur🛏️, atau posisi lainnya yang membuat Anda dan bayi nyaman.

🍴Bayi belum lapar

Bayi yang merasa belum terlalu lapar juga biasanya akan menolak diberikan susu. Berikan waktu baginya dan buatlah jadwal📅 menyusu agar bayi dapat menyusu dengan lebih teratur.

🍼Ukuran botol susu tidak sesuai

Ukuran botol susu yang tidak sesuai akan membuat bayi merasa kurang nyaman saat menyusu. Lubang susu yang terlalu kecil atau mampet juga dapat membuat bayi kesulitan mengisap😖 susu.


Solusi mengatasi bayi yang tidak mau minum susu

😴Berikan susu saat si kecil mengantuk

Memberikan bayi susu ketika sedang mengantuk akan membuat mereka diam-diam menerimanya. Selain itu, menyusui bayi👶 saat mereka baru bangun tidur juga merupakan cara yang cukup efektif dalam mengatasi bayi yang sedang mogok minum susu.

✨Berikan bayi kontak langsung

Kontak kulit ke kulit saat bayi menyusu yang terhalang dapat membuatnya merasa kurang nyaman. Anda dapat menyusui tanpa memakai baju👚 untuk membuat bayi merasa nyaman sehingga tidak lagi menolak menyusu.

✔️Stimulasi puting susu dengan pompa ASI

ASI yang sulit keluar walau telah dihisap akan membuat si kecil tidak mau disusui kembali dan rewel. Anda dapat menstimulasi puting susu dengan pompa ASI sebelum menyusui agar puting susu kembali mengeluarkan susu seperti sebelumnya😊.

👀Alihkan perhatian bayi dari menyusu

Ketika bayi menolak minum susu, sebaiknya Anda tidak memaksanya. Anda dapat mencoba mengalihkan perhatiannya dari menyusu, contohnya bernyanyi🎵 bersama, atau berjalan-jalan di sekitar rumah.