post-title

Kapan si kecil boleh makan semua jenis ikan?

Sebagai orang tua, senang rasanya memperkenalkan si buah hati pada berbagai macam makanan🍽️. Namun, mulai kapan si kecil boleh makan semua jenis ikan?


Mulai kapan bayi boleh makan ikan?

✨Bayi berusia 6 bulan ke atas

Berdasarkan American Academy of Pediatrics, sebaiknya tunggu bayi sampai menginjak usia 6 bulan ke atas jika ingin memberikan mereka makanan padat🍚. Hal ini karena bayi rentan pada alergi yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

💭Cara memperkenalkan hidangan ikan pada bayi

Anda dapat menghaluskan ikan yang sudah di masak lalu mencampurnya dengan bahan lain ke dalam menu MPASI. Jangan lupa untuk memperhatikan duri atau tulang ikan🐟.


Berbagai manfaat ikan bagi MPASI si kecil!

💡Sumber protein dan asam lemak omega-3

Ikan merupakan sumber protein yang baik. Protein penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sedangkan asam lemak omega-3 di dalam ikan berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh, perkembangan dan fungsi otak🧠, dan mata.

📌Vitamin B12, yodium, seng

Vitamin B12 dan yodium berperan dalam perkembangan otak dan sel darah merah bayi. Seng merupakan mineral yang berperan penting bagi pertumbuhan sel dan sistem kekebalan tubuh💖.


Jenis ikan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bayi!

☹️Jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi si kecil

Jenis ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah yang tinggi bisa membuat bayi keracunan. Jenis ikan tersebut, ikan todak, ikan tuna mata besar dan sirip biru, dan ikan marlin. Lebih aman memberikan bayi ikan yang banyak hidup di air🌬️ tawar karena umumnya tidak mengandung merkuri. Selain itu, hindari memberikan bayi ikan mentah seperti sushi.

😉Jenis ikan yang boleh dikonsumsi si kecil

Jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi bayi yang berusia 7 sampai 12 bulan adalah ikan lele, ikan sarden, ikan kakap, ikan kembung, ikan mujair. Selain itu, ikan putih seperti pollock, cod, atau halibut, ikan trout, ikan salmon, ikan teri segar (tawar basah), dan ikan gabus juga aman dikonsumsi bayi👶.