post-title

Cara memijat bayi dengan aman

Tahukah Anda bahwa memijat🤏 bayi memiliki banyak manfaat? Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara memijatnya dengan aman?


Kapan dan hal apa yang harus dihindari ketika memijat si kecil?

💡Tanda bayi siap dipijat!

Bayi memiliki tanda-tanda ketika siap untuk dipijat. Tanda tersebut di antaranya, bayi terlihat santai, tersenyum, mengoceh, menggerakkan tangan dan kakinya karena bersemangat, semangat saat melihat Anda akan mulai memijat misalnya ketika menggosokkan minyak🪔 pada telapak tangan.

☹️Hindari hal berikut ini saat memijat bayi

Saat memijat bayi, hindari memaksa si kecil, melakukannya saat bayi selesai makan🍴, minum, atau saat sedang tidur. Hindari mempunyai kuku yang panjang dan hindari melakukannya dengan tergesa-gesa.


Urutan memijat bayi!

🦶Memijat dari bagian kaki hingga ke bagian kepala

Bidan Salshabila, AM.Keb, Bidan, Konselor Laktasi, dan Baby Massage Certified, menyarankan untuk memijat bayi dari bagian kaki🦵 ke kepala dapat menjaga mood bayi. Hal ini karena memulai pijatan dari bagian wajah biasanya akan merusak mood bayi.

😉Berlanjut pada bagian perut

Hindari pemijatan ketika bayi sedang dalam keadaan kolik. Anda dapat melakukan pemijatan perut di akhir sesi apabila anak sedang mengalami kembung💨.

✋Bagian tangan, punggung, wajah

Setelah memijat bagian perut, Anda dapat berlanjut memijat bagian tangan si kecil. Bayi paling senang saat dipijat pada bagian punggungnya. Terakhir, Anda dapat memijat bagian wajah👶 si kecil.


Hal apa saja yang harus disiapkan sebelum memijat si kecil?

✨Lakukan hal berikut sebelum memijat si kecil!

Lepaskan perhiasan seperti gelang atau cincin dari tangan. Setelah itu, cuci dan hangatkan tangan. Minta ijin pada bayi untuk memijatnya, berikan senyuman selama memijat, jaga kontak mata👀 dengan si kecil dan pakaikan popok supaya bayi Anda tidak pipis ketika dipijat.

✔️Jenis minyak yang digunakan

Minyak nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau bahan organik yang tidak mengeluarkan bau menyengat dapat digunakan untuk memijat bayi. Contohnya, Anda dapat menggunakan minyak biji anggur🍇 yang sangat baik untuk memijat bayi karena mengandung pH yang sesuai dengan pH kulit bayi.