post-title

Kapan ya si kecil bisa memanggil mama papa?

Rasanya tidak sabar untuk mendengar si kecil mengucapkan💭 “Mama” dan “Papa”. Walaupun tiap bayi memiliki kecepatan perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda-beda, namun pada umur berapa biasanya bayi telah dapat memanggil orang tuanya?


Pada umur berapa biasanya bayi sudah bisa berkata mama papa?

🎈Usia rata-rata bayi bisa bilang mama papa

Bayi biasanya mulai bisa mengatakan “Mama” dan “Papa” ketika menginjak usia 9 bulan. Ketika bayi berusia 6 bulan, biasanya bayi bisa mengoceh dengan suku tunggal, seperti babababa, papapapa, dadadada, mamamama. Lalu ketika usia 9-12 bulan, bayi telah bisa bilang mama papa💑🏽 dengan arti, ia paham bahwa “Mama” berarti ibu dan “Papa” berarti ayah.

📌Bayi lebih cepat bisa bilang mama atau papa?

Berdasarkan Momjunction, bayi lebih cepat mengatakan “Mama”. Hal ini karena suara konsonan “M” lebih mudah diucapkan bayi. Ketika bayi menginjak usia 9 bulan🗓️, bayi mulai dapat mengeluarkan suara vokal seperti “A”, yang membuatnya terdengar seperti “Mama”.


Anda dapat melatih kemampuan komunikasi bayi dengan cara berikut ini!

📙Mengajak bayi melihat foto dan membaca

Mengajak bayi melihat foto-foto mama dan papa sambil menunjuk dan mengatakan “ini mama”, “ini papa” dapat membantu melatih kemampuan komunikasinya😊. Anda juga dapat membacakan si kecil dongeng untuk menambah kosa katanya.

🧸Mengajak bayi mengobrol dan bermain

Ajak bayi mengobrol dan bermain sambil mengajukan pertanyaan “itu mama ya?”, “mana papa?” dengan teratur. Hal ini dapat membantu mendorong kemampuan bayi dalam mengenali👀 seseorang.

🤏Menunjuk benda dan menyebutkan namanya

Menunjuk benda sambil menyebutkan namanya dapat memperkaya kosa kata bayi sekaligus mendorong kemampuan berkomunikasi si kecil. Anda juga dapat menyebutkan nama hewan peliharaan🐕 Anda tiap kali lewat di dekat si kecil.

💡Mengajak bayi bernyanyi dan memberikan pujian

Sering mengajak bayi bernyanyi dengan menyanyikannya lagu🎵 akan melatih kemampuan berbahasa mereka. Selain itu, berikan si kecil pujian melalui ekspresi yang positif setiap mereka berhasil memanggil Anda “Mama” dengan benar.