post-title

Apa itu night weaning?

Terdapat metode menyapih di malam hari yang disebut dengan night🌙 weaning. Seperti apa metodenya? Simak informasinya berikut ini!


Mengenal lebih dalam night weaning!

💡Night weaning? Apakah itu?

Night weaning adalah metode menyapih pada malam hari yang dilakukan dengan tujuan agar bayi tidak terbangun pada malam hari🛏️ untuk menyusu.

📌Kapan metode night weaning dilakukan?

Metode night weaning dilakukan tanpa waktu khusus. Anda sudah dapat melakukannya sejak bayi telah berumur 4 sampai dengan 6 bulan⏲️.


Bagaimana metode night weaning dilakukan?

☀️Pastikan anak kenyang saat siang hari

Pastikan bayi mengonsumsi makanan yang cukup selama sehari. Hal ini karena perut yang kenyang dapat mencegah bayi untuk terbangun di malam hari untuk menyusu🍼.

👚Hindari memakai pakaian dengan kancing di depan

Anda dapat memakai kaos atau daster yang tidak memiliki kancing. Hal ini akan memicu Anda untuk menemukan cara lain untuk menenangkan bayi alih-alih langsung menyusuinya🤱.

💑🏽Meminta bantuan suami

Anda dapat meminta bantuan suami dalam proses menyapih. Ajak si kecil untuk tidur bersama suami Anda sehingga jika ia terbangun di malam hari untuk menyusu🥛, suami Anda dapat menenangkan dengan menggendongnya.

☁️Hindari menyusui bayi saat malam hari

Menyusui bayi sebelum tidur akan membuat bayi ingin merasakan puting payudara Anda saat tengah malam. Anda dapat mengubah rutinitas menyusui dengan rutinitas lain, contohnya membelai rambutnya, atau membacakan dongeng📙 sebelum tidur.

💨Hindari buru-buru memberi bayi ASI

Ketika awal menerapkan metode ini, hindari untuk buru-buru menyusui bayi ketika ia terbangun di tengah malam. Anda dapat mencoba menenangkannya dengan cara lain, misalnya menggendongnya👶.