post-title

Si kecil tantrum!

Biasanya, ketika umur bayi mendekati satu tahun, bayi akan menjadi lebih rentan mengalami tantrum atau luapan emosi. Tantrum akan membuat sebagian besar orang tua panik dan bingung. Agar tidak bingung lagi, kami telah merangkum informasi mengenai tantrum✨ dan bagaimana cara menanganinya berikut ini


Mengapa bayi tantrum?

😞Si kecil merasa frustasi

Frustasi yang dialami bayi merupakan salah satu dari penyebab bayi mengalami tantrum. Bayi mengalami kebingungan untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan karena belum bisa berkomunikasi💭 dengan lancar.

☁️Bayi merasa tidak nyaman

Ketika bayi sedang merasa tidak nyaman, ia akan mencoba untuk menyampaikannya dengan menggunakan tubuhnya. Satu-satunya cara yang bisa ia lakukan untuk menyampaikan rasa tidak nyaman ini adalah melalui tantrum✨.

💨Bayi merasa lelah

Bayi yang terus-menerus diajak untuk berinteraksi atau beraktivitas dengan banyak orang akan membuatnya merasa terlalu lelah yang membuatnya mengamuk. Terlalu banyak orang juga membuatnya merasa terlalu bising👂 yang membuat ia kelelahan.

😖Si kecil ketakutan

Saat bayi merasa cemas dan panik karena perpisahan, bayi juga dapat melakukan tantrum. Pemandangan aneh, suara🎵 yang tiba-tiba, dan orang baru juga bisa membuat bayi ketakutan.


Cegah bayi alami tantrum!

🍞Membawa camilan

Saat Anda membawa bayi Anda keluar rumah, pastikan untuk membawa camilan agar bayi👶 tidak kelaparan. Bayi yang sudah MPASI umumnya akan tantrum ketika merasa kelaparan.

📝Membuat rutinitas

Membuat jadwal yang sudah pasti akan membuat bayi lebih terbiasa sehingga tidak akan merasa kaget karena mengalami perubahan aktivitas yang mendadak. Bayi yang telah mengerti jadwal rutin✍🏻 tidak akan merasa kaget lagi jika aktivitas yang akan dilalui selama satu hari bermacam-macam.


Tips tangani bayi yang tantrum!

🍃Pindahkan bayi ke tempat yang tenang

Saat bayi melakukan tantrum di tempat umum, segera pindahkan bayi ke tempat yang lebih sepi hingga ia menghentikan tantrumnya. Memindahkan bayi ke tempat yang lebih tenang membantu😉 bayi untuk tidak menerima terlalu banyak rangsangan.

❤️Bersikap secara tegas

Dengan bersikap tegas Anda dapat menunjukkan kepada bayi Anda bahwa mengamuk atau tantrum tidak akan memberikan apa yang ia mau. Berikan bayi pemahaman mengenai apa yang terjadi dengan tegas namun sabar😊.