post-title

Bahan panci yang aman untuk memasak MPASI

Ketika bayi sudah mulai memasuki fase untuk mulai makan makanan padat atau MPASI, pastinya Anda akan mulai melihat-lihat perabotan masak🍳 apa yang cocok untuk mengolah MPASI. Dalam memilih peralatan masak MPASI, Anda harus memperhatikan kualitas dari perabot tersebut.


Bahan panci apa yang aman dan tidak aman untuk memasak MPASI?

☁️Bahan panci apa yang tidak aman?

Bahan panci yang terbuat dari bahan aluminium dan tembaga tidaklah aman. Hal ini karena aluminium dan tembaga yang tidak dilapisi merupakan logam reaktif. Keasaman✨ bahan makanan akan bereaksi dengan logam yang memberikan rasa pahit pada makanan.

✔️Lalu, apa bahan panci dan wajan yang aman?

Bahan panci dan wajan yang direkomendasikan adalah bahan cast-iron dan stainless. Perabotan memasak yang terbuat dari bahan ini tahan karat murni dan tidak mengandung lapisan yang berbahaya apabila terkelupas lalu tertelan👅 si kecil.


Bagaimana dengan perabot dengan bahan logam atau anti lengket?

💡Perabot dengan bahan logam

Perabotan yang terbuat dari bahan logam akan merusak lapisan yang digunakan pada wajan dan panci. Kemudian lapisan yang rusak ini akan terlepas dan berisiko masuk ke dalam makanan🍽️ bayi yang dimasak.

Lebih baik untuk menggunakan peralatan masak yang berbahan non-logam, contohnya yang terbuat dari silikon atau kayu. Hal ini karena bahan tersebut relatif lebih aman😉 karena meminimalkan gesekan yang membuat pelapis wajan dan panci terkelupas.

☘️Perabot anti lengket

Penggunaan perabotan anti lengket misalnya wajan anti lengket untuk memasak MPASI bayi menimbulkan banyak perdebatan karena masalah keamanan pelapis anti lengket yang terbuat dari polytetrafluoroethylene (PTFE). Bahan kimia🧪 ini dikhawatirkan dapat menyebabkan reaksi yang berbahaya.


Waspadai hal berikut ini!

📌Segera ganti peralatan masak Anda!

Pastikan untuk segera mengganti peralatan masak Anda jika Anda melihat adanya penyok, goresan maupun hal lainnya. Lapisan wajan dan panci anti lengket mempunyai masa pakai🗓️ yang tidak terlalu lama sehingga tidak boleh digunakan selamanya.

☹️Hindari memanaskan secara berlebihan!

Pastikan untuk tidak memanaskan wajan atau panci sebelum memasak dalam waktu yang lama tanpa adanya makanan di atasnya. Pemanasan yang berlebihan ini dapat meningkatkan risiko pelepasan partikel pelapis yang dapat menimbulkan demam teflon atau demam polifer yang gejalanya mirip dengan flu🌬️ yang dialami orang dewasa selama 24 jam.