post-title

Bagaimana cara mencegah polio pada bayi?

Polio atau Poliomyelitis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Poliovirus yang dapat mengakibatkan kelumpuhan pada anak-anak. Masih banyak orang yang kurang begitu menyadari bahwa polio✨ tersebar melalui virus yang bisa saja berada di sekitar si kecil.


Tiga tipe polio!

💭Polio non-paralisis

Tipe polio non-paralisis termasuk ringan, dan tidak mengakibatkan kelumpuhan. Polio tipe ini biasanya berlangsung sekitar satu sampai sepuluh hari📅.

⚡Polio paralisis

Tipe polio paralisis termasuk tipe polio yang paling parah karena mengakibatkan kelumpuhan. Biasanya gejala awal yang timbul adalah demam, sakit kepala selama 7 hari. Tipe polio paralisis dapat menyebabkan kelainan bentuk pinggul dan kaki hingga kelumpuhan🦶 tahap permanen.

📌Sindrom pasca polio

Sindrom pasca polio umumnya akan menyerang orang yang 30-40 tahun sebelumnya pernah☹️ menderita penyakit polio.


Bagaimana polio menyerang si kecil? Dan apa saja komplikasi yang bisa terjadi?

💡Polio menginfeksi melalui apa?

Virus polio dapat masuk melalui makanan atau minuman🥛 yang menyebabkan terjadinya penyakit polio. Apalagi jika virus telah terkontaminasi dengan tinja. Virus polio akan menyerang tenggorokan dan usus.

Virus polio juga dapat menyebar melalui cairan yang keluar dari batuk atau bersin💨. Pada beberapa kondisi tertentu, virus polio dapat menyebar melalui aliran darah dan menyerang sistem saraf.

☁️Komplikasi yang dapat terjadi

Komplikasi akibat penyakit polio diantaranya kelainan bentuk pinggul dan kaki, kelumpuhan sementara atau permanen, mengalami kecacatan anggota tubuh yang terkena lumpuh layu mendadak, gangguan menelan akibat kelumpuhan area mulut👄 hingga kerongkongan, dan mengalami sindrom post polio.


Cara pengobatan dan pencegahan polio!

💊Apakah polio bisa diobati?

Belum ada pengobatan yang pasti ketika virus polio telah menyebar di dalam tubuh. Namun, terdapat perawatan dan pengobatan pendukung guna mencegah terjadinya komplikasi yaitu dokter👩‍⚕️ dapat meresepkan obat pereda nyeri, obat pelemas otot, atau obat antibiotik. Selain itu, pasien juga disarankan untuk cukup beristirahat, dan rutin melakukan terapi fisik.

✔️Cara mencegah penyakit polio!

Polio dapat dicegah dengan menerima vaksinasi. Terdapat dua buah vaksin polio, Inactivated Poliovirus Vaccine (IPV) yang diberikan melalui suntikan pada lengan atas atau paha dan Oral Poliovirus Vaccine (OPV) yang diberikan melalui tetesan mulut👅. Anak-anak biasanya diberikan empat dosis vaksin polio tidak aktif.

Vaksin polio diberikan ketika anak berumur 2 bulan, 4 bulan, antara 6 sampai 18 bulan. Dosis terakhir diberikan ketika si kecil👶 telah berusia antara 4 hingga 6 tahun.