post-title

Apakah madu baik untuk bayi?

Madu yang sering disebut sebagai super food ternyata berbahaya bagi bayi dibawah usia 1 tahun. Memberikan madu🍯 jenis apapun pada bayi dibawah usia 1 tahun dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan.


Mulai kapan bayi boleh minum madu?

💡Bayi boleh minum madu mulai usia berapa?

Ahli kesehatan menganjurkan untuk memberikan madu sesudah bayi berusia 12 bulan. Hal ini karena madu dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi. Tidak hanya madu dalam bentuk cairan, kue🍪, camilan yang mengandung madu, madu lokal, unpasteurized honey juga tidak dianjurkan diberikan pada bayi di bawah usia 12 bulan.

💭Madu mentah lebih bermanfaat bagi kesehatan?

Madu mentah yang merupakan madu yang belum diproses atau disaring. Madu🐝 mentah umumnya masih mengandung hanya sedikit serbuk sari atau pollen yang tersisa yang membuatnya lebih sehat untuk meredakan alergi musiman. Tetapi, tetap jangan memberikannya pada anak yang masih berusia di bawah 12 bulan ya.


Mengenal lebih dalam botulisme

📝Apa yang dimaksud dengan botulisme?

Botulisme adalah penyakit yang disebabkan oleh spora bernama Clostridium botulinum. Spora ini banyak ditemukan di produk olahan madu, madu, dan tanah. Spora ini berbahaya karena bisa berubah menjadi bakteri🦠 di usus yang memproduksi racun neurotoksin yang berbahaya.

✍🏻Gejala yang dialami bayi yang terserang botulisme

Bayi yang mengalami botulisme biasanya akan mengalami gejala diantaranya lesu, kejang, kehilangan nafsu makan, menangis lemah😢, dan sembelit. Gejala biasanya akan terlihat 12 hingga 36 jam sesudah bayi mengonsumsi madu dan tanda awal akan dimulai dengan sembelit.


Efek buruk lain dari pemberian madu pada bayi

⚖️Obesitas

Bayi yang terbiasa diberikan madu dapat membuatnya terbiasa dengan rasa manis. Hal ini dapat menyebabkan si kecil terus-menerus menginginkan makan makanan yang manis yang membuat bayi berisiko mengalami obesitas saat dewasa, dan meningkatkan risiko mengalami diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung❤️.

🦷Bayi mengalami kerusakan gigi

Madu mengandung kadar gula yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan😞 pada gigi bayi yang baru tumbuh. Karena itu, sebaiknya hindari menambahkan madu pada makanan atau minuman bayi.