post-title

Perawatan bekas luka bayi

Ketika si kecil sedang tumbuh pastinya ia akan sering terbentur, terjatuh, terantuk ketika sedang belajar berjalan. Hal tersebut membuat mereka akan terluka dan tergores. Ketika si kecil sudah tumbuh besar, bekas luka🩹 yang sangat terlihat bisa saja memengaruhi rasa percaya dirinya.


Mengenal lebih dalam bekas luka bayi

📌Cara bekas luka bayi terbentuk

Ketika bayi mengalami luka, tubuh bayi akan memproduksi kolagen yang mengirimnya ke tempat yang terdampak luka guna menutupi kerusakan. Kemudian, dalam beberapa hari sel kolagen akan memperbaiki kulit. Luka pada kulit akan mengering lalu berubah menjadi keropeng✨ yang kasar yang berguna sebagai plester alami.

📅Bayi boleh menjalani perawatan bekas luka mulai kapan?

Yang paling utama, bekas luka harus benar-benar sembuh secara alami sebelum si kecil menjalani perawatan bekas luka. Ahli medis👩‍⚕️ merekomendasikan agar memberikan jeda waktu kurang lebih selama 12 hingga 18 bulan sesudah luka sembuh secara alami sebelum melakukan prosedur medis untuk menghilangkan bekas luka.


Prosedur medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka bayi

💉Perawatan steroid

Perawatan steroid biasanya akan direkomendasikan oleh dokter apabila bekas luka bayi meluas dan memiliki potensi menyebabkan keloid. Suntikan steroid untuk perawatan bekas luka hanya dilakukan dengan pengawasan dokter dan jarang dilakukan pada bayi👶.

🧴Krim penghilang bekas luka

Krim penghilang bekas luka telah banyak dijual bebas di apotek🏥. Namun, sebelum mengoleskannya pada bayi Anda, pastikan luka telah sembuh total dan pilihlah krim yang tidak mengandung steroid agar lebih aman bagi si kecil.

💡Terapi lembar silikon

Terapi lembar silikon dilakukan dengan meletakkan plester berisi gel silikon yang diletakkan untuk menutupi luka agar silikon menyembuhkan bekas luka pada bagian atas. Terapi lembar silikon dapat mengurangi potensi😉 perubahan warna pada kulit dan mencegah keropeng terbentuk.

✔️Bedah kulit

Bekas luka yang menonjol dapat dihilangkan dengan prosedur bedah kulit. Namun, jumlah biaya yang diperlukan untuk prosedur ini terbilang cukup mahal💸.