post-title

Susu formula sisa boleh diminum lagi tidak ya…

Menyiapkan susu formula untuk si kecil pastinya tidak secepat dan semudah menyusui ASI langsung. Karena itu, mungkin pernah terlintas di pikiran untuk membuat susu formula🍼 sekaligus untuk nantinya diminum berkali-kali. Namun, apakah susu formula bisa tahan lama?


Susu formula yang telah dibuat bisa tahan berapa lama?

🌬️Penyimpanan kulkas

Susu formula bisa tahan lebih lama jika disimpan di kulkas daripada di suhu ruangan. Susu formula dapat tahan selama 24 jam di dalam kulkas asalkan belum belum diminum sama sekali oleh si kecil. Pastikan suhu kulkas untuk berada pada 4,4 derajat Celcius atau lebih rendah🧊.

💡Suhu ruang

Berdasarkan American Academy of Pediatrics, susu formula biasanya tahan selama 2 jam⏲️ di suhu ruangan. Namun, susu formula harus dalam keadaan yang tidak dipanaskan, belum diberikan pada bayi atau belum tersentuh.

Tetapi, untuk beberapa merk susu formula hanya dapat bertahan selama 1 jam pada suhu ruangan, karena itu pastikan untuk membaca👀 instruksi pada label susu formula sebelum membelinya.


Cara penyimpanan susu formula di kulkas

🥶Hindari membekukan susu formula

Menyimpan susu formula di kulkas bukan berarti membekukannya. Membekukan susu formula dapat mengubah tekstur dan tidak😢 memperpanjang ketahanan susu formula.

💭Suhu kulkas

Pastikan suhu kulkas untuk berada pada suhu 4,4 derajat Celcius atau lebih rendah🍃. Namun, apabila suhu kulkas sudah tidak optimal lagi, susu formula bisa saja lebih cepat basi.

⚡Jangan menyimpan sisa susu formula

Apabila si kecil tidak menghabiskan susu formula yang telah diminum sebagian, hindari untuk menyimpannya di kulkas. Anda harus membuang susu formula yang telah diminum sebagian dalam waktu 1 jam. Hal ini karena produk berbahan dasar susu mudah terkontaminasi bakteri🦠.


Susu formula bubuk yang wadahnya telah dibuka bisa tahan berapa lama?

🗓️Jangka waktu susu formula bubuk yang wadahnya telah dibuka

Jika Anda telah membuka wadah susu formula bubuk, susu harus dihabiskan dalam waktu 1 bulan sesudah wadah dibuka🥄. Sebagian besar merk susu formula umumnya menerapkan aturan ini.

💨Apakah boleh bayi minum susu formula sisa yang dipanaskan kembali?

Memanaskan kembali sisa susu formula malah akan membuat bakteri berkembang dengan lebih pesat karena berada di lingkungan yang hangat untuk berkembang biak. Karena itu, jawabannya adalah anak tidak boleh minum susu formula sisa yang telah dipanaskan☀️ kembali.