post-title

Mulai kapan ya si kecil boleh makan ayam?

Ayam mengandung banyak nutrisi yang baik bagi pertumbuhan bayi. Karena itu ayam🐔 banyak digunakan sebagai menu MPASI bayi. Bagaimana menyajikan hidangan ayam yang aman bagi si kecil?


Bayi sudah bisa mulai makan ayam dari kapan?

💡Sebelumnya, mari kita kenali nutrisi yang terkandung di dalam daging ayam

Daging ayam mengandung banyak sekali nutrisi yang berperan penting dalam perkembangan anak. Daging ayam mengandung asam amino yang berperan dalam membangun otot rangka dan jantung💖. Selain itu, juga terdapat vitamin B3, B6, vitamin A, C, D, E, K, selenium, seng, protein, dan magnesium.

✨Kapan ya si kecil sudah boleh makan ayam?

Bayi sudah boleh makan daging ayam mulai sekitar umur 6 bulan, sesegera ia sudah mulai makan MPASI. Paha bawah ayam yang tulangnya telah dihilangkan dan dikuliti merupakan makanan pertama yang baik bagi bayi yang baru mulai MPASI karena bentuknya yang mudah dipegang🍗 dan nutrisi yang bisa diperoleh hanya dengan mengisapnya.


Tips memilih daging ayam bagi si kecil

✔️Tidak berlemak

Pastikan untuk memilih daging ayam yang lunak dan tidak berlemak. Untuk jenis lemak sehat dapat Anda temukan dalam kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat🥑, dan yogurt.

🤤Dada ayam

Bagian paha ayam yang enak dan dada ayam yang lembut paling nyaman untuk dikonsumsi si kecil. Anak-anak disarankan untuk mengonsumsi daging atau ayam sebanyak tiga sampai empat kali seminggu📅 untuk asupan hariannya.


Tips penyajian hidangan ayam bagi bayi!

👶Bayi berusia 6-9 bulan

Pada usia ini bayi sudah mulai bisa mengunyah sehingga Anda dapat mulai memberikannya paha ayam utuh dengan tulang rawan dan kulit yang telah dihilangkan. Apabila tidak tersedia paha ayam utuh, Anda juga dapat memberikan si kecil daging dada ayam yang dipotong berbentuk persegi panjang dengan ukuran jari🤏 orang dewasa.

🗓️Bayi berusia 9-18 bulan

Pada usia ini si kecil sudah mulai terlatih untuk mengunyah, menelan, mencerna makanan dengan ukuran sedang. Anda dapat mulai memberikan daging ayam yang telah disuwir. Namun, tetaplah berhati-hati dengan tulang🦴 rawan yang bisa saja terbawa di dalam suwiran.

💭Bayi berusia 18-24 bulan

Berikan bayi usia ini potongan daging ayam dengan ukuran gigitan yang kecil. Selain itu, apabila si kecil sudah bisa mengunyah👄, mengoyak, menelan dengan baik, Anda dapat menghidangkan paha ayam bagian atas dengan kulit yang telah dikuliti. Potongan dan tekstur yang lebih rumit akan membantu bayi melatih menelan dan mengunyah.