post-title

Mencampur obat dengan susu formula.. Boleh?

Banyak anak yang sulit untuk minum obat saat sakit karena rasanya yang kurang enak. Sehingga, orang tua mencoba berbagai cara agar anaknya bisa minum obat yang diberikan oleh dokter. Salah satunya, mencampur obat💊 dengan susu formula. Namun, sebenarnya bolehkah mencampur obat dengan susu formula?


Jenis obat apa saja yang boleh dan tidak boleh dicampur dengan susu formula?

✔️Jenis obat yang boleh dicampur dengan susu formula

Jenis obat yang boleh dicampur dengan susu formula adalah vitamin A, D, E, K, lactobacillus. Alasannya, vitamin merupakan kandungan yang mudah untuk larut dalam lemak✨ sehingga boleh jika diberikan bersama dengan susu formula.

Adapun untuk lactobacillus, diperbolehkan karena lactobacillus adalah probiotik berbentuk bubuk yang biasanya diberikan untuk bayi yang menderita masalah pencernaan dan untuk menyembuhkan diare🚽. Tetapi, lactobacillus hanya dapat diberikan bersama dengan susu formula hangat dengan suhu tidak lebih dari 65 derajat supaya kandungan lacto B tidak mati.

😞Jenis obat yang tidak boleh dicampur dengan susu formula

Jenis obat yang tidak boleh dicampur dengan susu🍼 formula adalah obat yang mengandung ciprofloxacin, tetrasiklin, obat maag, dan obat penambah darah. Hal ini karena kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu formula dapat mengikat molekul di dalam obat yang membuat obat menjadi sia-sia karena tubuh tidak menyerapnya dengan optimal.


Memberikan obat sesudah bayi minum susu formula

⏲️Berikan jeda waktu

Anda dapat memberikan si kecil susu formula terlebih dahulu sebelum memberikannya obat jika Anda takut si kecil akan rewel😭. Tetapi, pastikan untuk memberikan jeda waktu satu hingga dua jam setelah bayi minum susu formula sebelum memberikannya obat.

Dengan memberikan selang waktu, lambung bayi sudah kosong sehingga siap untuk menerima obat. Tubuh bayi akan menyerap molekul obat dengan optimal sehingga dapat menyembuhkan😉 penyakit yang sedang dialaminya.

🌊Memberikan obat dengan air putih

Anda dapat memberikan si kecil obat dengan air putih jika Anda masih merasa ragu untuk mencampur obat dengan susu formula. Anda dapat menghaluskan obat atau berikan obat berbentuk puyer agar si kecil mudah untuk mengonsumsinya. Jangan memberikan obat bersama dengan soda atau kafein☕ karena dapat menyebabkan efek samping pada bayi.