post-title

Bayi tidak mau makan MPASI

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas biasanya Anda akan mulai disibukkan dengan MPASI si kecil. Ada bayi yang sangat lahap🍴, namun ada juga yang tidak mau makan MPASI. Bagaimana menanganinya?


Hal yang membuat si kecil menolak makan MPASI

🌬️Perut bayi terlalu banyak cairan

Lambung bayi yang kapasitasnya masih kecil membuatnya lebih cepat terisi. Karena itu, apabila si kecil sering mengonsumsi cairan seperti air🥛 putih, atau sup, maka ia bisa menolak untuk makan MPASI.

💭Belum adaptasi

Saat awal MPASI, bayi masih dalam proses adaptasi untuk mengunyah👄 makanan padat, karena itu wajar apabila si kecil menolak untuk makan MPASI pada awal-awal pengenalannya. Tekstur makanan padat sangatlah berbeda dengan ASI yang selama ini diminumnya.

😖Bayi mengalami trauma

Bayi juga bisa mengalami trauma makan. Trauma makan bisa disebabkan karena bayi pernah dipaksa untuk makan dan menelan👅 makanan yang ia tidak inginkan.


Lalu, bagaimana agar si kecil mau menerima MPASI?

⏲️Batasi waktu makan selama 30 menit

Anda dapat membatasi durasi makan anak selama 30 menit saja. Hal ini karena memaksa anak untuk makan MPASI dapat membuatnya stres😵 hingga trauma. Anda dapat mencoba memberikan MPASI kembali sekitar dua jam sesudahnya atau saat bayi merasa lapar.

✍🏻Atur jarak yang cukup dari waktu menyusui

Aturlah jarak yang cukup dari waktunya menyusui🤱 hingga waktu makan. Hal ini untuk mencegah bayi menolak MPASI karena merasa perutnya telah kenyang dengan ASI.

🍽️Berikan menu MPASI yang bervariasi

Anda dapat memberikan menu MPASI yang bervariasi pada minggu-minggu awal bayi makan MPASI. Dengan melakukan hal ini, dapat membuat Anda lebih mengerti selera si kecil dan bayi sendiri juga dapat belajar untuk mengenali berbagai macam makanan🍚.

🪑Pastikan posisi bayi nyaman ketika makan

Pastikan bayi berada pada posisi yang nyaman saat makan. Anda dapat mendudukkan bayi pada tempat yang nyaman sambil membiarkan dirinya mengamati Anda makan👀. Hal ini dapat membuat bayi terstimulasi untuk mencoba melakukan hal yang sama seperti Anda, yaitu makan.