post-title

Kenapa si kecil belum tumbuh gigi?

Biasanya si kecil akan mulai tumbuh gigi pada usia 4 sampai 7 bulan. Tapi, ada beberapa bayi yang giginya🦷 belum juga tumbuh walau sudah menginjak umur 9 bulan. Wajarkah hal ini? Apa yang harus dilakukan?


Apakah wajar jika bayi sudah berumur 9 bulan tapi belum tumbuh gigi?

💨Kecepatan pertumbuhan gigi tiap anak berbeda

Kecepatan pertumbuhan gigi tiap anak berbeda satu sama lain. Terdapat bayi yang baru berumur 2-3 bulan tapi giginya sudah mulai tumbuh. Bahkan ada pula yang giginya sudah muncul sejak lahir😉. Ada juga bayi yang belum tumbuh gigi pertama walau sudah berusia 17 bulan.

🎈Biasanya, kapan gigi pertama bayi tumbuh?

Gigi pertama bayi tumbuh biasanya pada usia 4 hingga 7 bulan. Gigi yang pertama tumbuh adalah 2 gigi seri tengah bawah. Batas wajar gigi bayi yang belum tumbuh adalah usia 18 bulan. Apabila umur bayi sudah lebih dari 18 bulan namun giginya belum juga tumbuh, sebaiknya segera konsultasikan hal ini pada dokter👩‍⚕️ spesialis anak.


Berbagai penyebab si kecil belum juga tumbuh gigi

✨Faktor hormonal

Faktor hormonal dapat menjadi salah satu penyebab yang membuat bayi belum juga tumbuh gigi. Hormon pertumbuhan🍃 yang terganggu dapat membuat pertumbuhan anak menjadi terhambat.

✔️Faktor genetik

Apabila di dalam keluarga terdapat anggota keluarga💑🏽 yang pernah mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan gigi semasa kecil, maka anak Anda juga dapat mengalami hal yang sama. Hal ini karena faktor genetik juga berperan cukup besar dalam pertumbuhan gigi.

🐟Bayi kurang nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat membuat pertumbuhan jaringan organ tubuh dan tulang menjadi terhambat. Bayi yang kurang mendapatkan cukup kalsium dan vitamin🍊 dapat membuat pertumbuhan giginya menjadi terlambat.


Tips merangsang pertumbuhan gigi si kecil!

🌊Membersihkan gusi bayi

Membersihkan gusi bayi dengan menggunakan kasa steril dapat dilakukan sebelum bayi tidur. Hal ini dapat membantu mendorong pertumbuhan gigi bayi karena gerakan membersihkan gusi yang mirip dengan memijat🤏 gusi.

📌Memberikan bayi finger foods

Memberikan si kecil finger foods yang bertekstur padat dapat melatih si kecil untuk menggigit👅. Menggigit finger foods dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi si kecil.