post-title

Bayi di bawah satu tahun jangan makan ini dulu!

Anda pastinya sudah tidak sabar ingin mengenalkan si kecil dengan berbagai makanan padat. Namun, karena sistem pencernaan bayi belum berkembang dengan sempurna, terdapat beberapa makanan🍴 yang belum boleh dimakan bayi berusia dibawah satu tahun.


Berbagai makanan yang belum boleh dimakan bayi di bawah umur satu tahun

🥜Selai kacang

American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan produk kacang pada si kecil. Apabila bayi berisiko tinggi alergi terhadap kacang atau alergi makanan lainnya yang diakibatkan oleh riwayat keluarga, maka dokter🏥 akan menyarankan untuk melakukan tes alergi sebelum memberi bayi produk kacang.

🐟Seafood

Hindari memberikan bayi Anda makanan jenis seafood seperti ikan todak, daging kepiting, kerang, udang, tenggiri sebelum berkonsultasi dengan dokter anak👩‍⚕️. Ikan todak atau marlin mengandung kadar merkuri yang tinggi yang dapat memengaruhi perkembangan sistem saraf si kecil.

🥚Putih telur

Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan telur pada si kecil👶 yang masih berusia di bawah satu tahun. Hal ini karena biasanya protein dalam putih telur bisa menimbulkan reaksi alergi.


Minuman yang belum boleh dikonsumsi bayi dengan usia di bawah satu tahun

🍊Jus buah

Minum jus buah dapat mengurangi nafsu makan bayi sehingga ia akan menolak untuk minum ASI atau susu formula yang merupakan makanan utama pada tahun pertama kehidupannya. Terlalu banyak memberikan bayi jus juga bisa mengakibatkan diare, atau kerusakan gigi🦷 si kecil.

🍼Susu sapi

Bayi yang masih berusia di bawah satu tahun sulit untuk mencerna susu sapi🐄. Dibandingkan susu sapi, ASI atau susu formula juga merupakan sumber susu terbaik untuk bayi yang masih berusia di bawah satu tahun.