post-title

Apakah boleh bayi diberi suplemen nafsu makan?

Nafsu makan si kecil dapat berubah-ubah, terkadang ia makan dengan lahap, tapi bisa suatu saat ia menolak untuk makan. Apakah perlu memberikan balita suplemen✨ penambah nafsu makan?


Si kecil sulit makan!

✔️Wajar jika si kecil sulit makan

Bayi sulit makan adalah kondisi yang normal. Hal ini karena bayi baru pertama kali mengenal makanan sehingga ada saatnya ia merasa tidak nafsu makan dan bosan☹️.

💡Apakah bayi perlu diberikan suplemen penambah nafsu makan?

Biasanya suplemen penambah nafsu makan diberikan atas persetujuan dokter. Suplemen penambah nafsu makan biasanya diberikan pada bayi yang mengalami kondisi seperti sangat susah makan sehingga asupan gizi rendah, anak menderita diare🚽, asma, gangguan kelenjar tiroid, atau gangguan pencernaan.


Penyebab si kecil hilang nafsu makan

⚡Adanya gangguan kesehatan

Adanya gangguan kesehatan dapat membuat si kecil kehilangan nafsu makannya. Ketika bayi mengalami demam☀️, sakit tenggorokan, pilek, atau batuk, hal tersebut dapat menghilangkan nafsu makannya.

📌Faktor lainnya

Saat aktivitas si kecil sedang tidak terlalu banyak, hal ini juga dapat menyebabkan energi tidak terbakar sehingga ia tidak nafsu makan. Menu makanan yang kurang bervariasi, dan memberikan terlalu banyak air🌊 atau cemilan juga dapat membuatnya tidak ingin makan.


Kandungan vitamin di dalam suplemen penambah nafsu makan bayi

🥄Zat besi

Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi berperan dalam membuat sel agar berfungsi dengan benar, membawa oksigen ke dalam sel darah merah, dan menjaga metabolisme🍃 tubuh.

🥛Kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk menambahkan kepadatan tulang anak. Berat badan bayi berhubungan dengan kepadatan tulang🦴 yang masih dalam masa pertumbuhan.

📝Zinc

Balita yang kekurangan zinc dapat membuat dirinya tidak nafsu makan. Suplemen penambah nafsu makan biasanya sudah mengandung zinc untuk meningkatkan nafsu makan anak dan seng dalam darah❤️.

🐟Minyak ikan

Minyak ikan juga merupakan salah satu kandungan yang efektif dalam menambah nafsu makan anak. Minyak ikan juga mengurangi risiko perut kembung anak dan meningkatkan😉 kinerja sistem pencernaan.