post-title

Makan MPASI tapi berat badan bayi malah turun?

Ketika satu tahun pertama kehidupan bayi, biasanya berat badannya akan fluktuatif. Tetapi, terdapat beberapa bayi yang berat badannya malah turun padahal sudah rajin makan MPASI🥄. Apa ya penyebabnya?


Mengenal lebih jelas kenaikan berat badan bayi

👶Kenaikan berat badan bayi dari hari pertama lahir

Berat badan bayi biasanya akan turun selama beberapa hari pertama sesudah lahir. Tetapi, berat badannya akan stabil dan naik😉 ketika hari kesepuluh sesudah dilahirkan.

🤱Kenaikan berat badan bayi sesudah mengonsumsi ASI

Sesudah mulai mengonsumsi ASI eksklusif, biasanya berat badan bayi akan naik kurang lebih 4 hingga 5 ons tiap minggunya dan akan naik secara stabil sampai menginjak usia 6 bulan🗓️. Saat bayi berusia 6-12 bulan, berat badannya akan naik 2,5 sampai 3 ons tiap minggunya.


Lalu, apa penyebab berat badan bayi malah turun setelah mulai MPASI?

✨Proses adaptasi

Bayi sedang dalam proses adaptasi dalam mencerna makanan padat. Bayi juga sedang dalam proses mengenal rasa dan tekstur🍚 baru dari makanan padat.

🍃Hanya mengonsumsi mikronutrien

Menu makanan yang kurang tepat dapat membuat berat badan si kecil turun padahal sudah rajin makan MPASI. Buah dan sayur🥦 hanya mengandung mikronutrien yang menyebabkan berat badan bayi turun jika hanya makan ini. Berikan bayi makanan dengan nutrisi makro contohnya, karbohidrat, lemak, dan protein untuk meningkatkan berat badannya.

👩‍⚕️Bawa bayi ke dokter jika terjadi hal ini!

Anda sebaiknya membawa si kecil ke dokter jika berat badannya tidak juga naik sampai usianya 12 bulan. Apabila dibiarkan saja, bayi dapat berisiko mengalami stunting dan gangguan pada perkembangan otaknya🧠.