post-title

Bayi menangis tanpa suara..

Semua orang tua pastinya akan merasa panik ketika melihat bayinya menangis tanpa mengeluarkan suara🔇. Hal ini disebut juga dengan Breath Holding Spell (BHS). Apa itu BHS?


Apa saja gejala BHS dan kapan bayi mengalami BHS?

📝Gejala bayi mengalami BHS

Biasanya bayi yang mengalami BHS memiliki gejala diantaranya menangis kemudian tidak bernapas, kejang, kulit biru, pingsan, gerakan yang tersentak. Warna tubuh bayi akan kembali normal setelah napas pertamanya🌬️ kembali sesudah periode singkat ketidaksadaran. Hal ini dapat terjadi pada beberapa kesempatan saja atau beberapa kali dalam sehari.

💭Kapan biasanya bayi mulai mengalami BHS?

Bayi biasanya dapat mengalami BHS mulai umur 2 bulan. Tapi ada juga yang mulai mengalaminya pada usia 2 tahun🗓️. Ada bayi yang mengalami BHS yang cukup parah dan biasanya akan berhenti mengalaminya ketika mereka telah menginjak usia 6-8 bulan.


Penyebab dan cara mengobati BHS

💡Apa saja penyebab dari BHS?

BHS biasanya dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Anemia zat besi, kondisi genetik seperti sindrom Rett atau sindrom Riley-Day, dan riwayat✍🏻 medis orang tua semasa kecil dapat menjadi penyebab terjadinya BHS.

🏥Bagaimana cara mendiagnosis dan mengobati BHS?

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik pada bayi sebelum melakukan proses penyembuhan. Akan dilakukan tes darah guna memeriksa defisiensi zat besi, tes EKG, dan tes EEG. Apabila bayi kekurangan zat besi, maka bayi👶 akan diberikan suplemen zat besi tambahan.


Tips mencegah dan menangani bayi yang mengalami BHS

🍃Cara mencegah bayi mengalami BHS

Apabila dokter mendiagnosis bayi Anda menderita BHS, cegah situasi yang dapat membuat bayi marah dan hindari memberikan bayi terlalu banyak perhatian👀. Selain itu, pastikan bayi Anda berada di tempat yang aman sehingga ia tidak akan jatuh dan terluka.

✔️Cara tangani bayi dengan BHS

Hindari membiarkan bayi terlalu lama dalam kondisi menangis tanpa suara karena dapat menyebabkan bayi pingsan. Anda dapat membuka tutup mulutnya👄 dengan menggunakan telapak tangan Anda dengan perlahan dan cepat sampai bayi kembali menangis.

Apabila bayi masih belum mengeluarkan suara, angkat dan berdirikan bayi lalu sandarkan pada bahu Anda dan tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut. Anda juga dapat menaruh kain dingin pada dahi bayi selama terjadi BHS untuk mempersingkat kelanjutan. Namun, segera bawa bayi ke dokter👩‍⚕️ jika BHS terlihat semakin sering dan parah.