post-title

BAB bayi berlendir…

Melalui kondisi BAB si kecil dapat diketahui apakah bayi dalam kondisi yang sehat ataukah tidak. Karena itu, Anda sebaiknya waspada jika tekstur BAB bayi berlendir. Apa saja hal yang menyebabkan BAB bayi menjadi berlendir✨?


BAB si kecil berlendir?

🍃Kondisi feses bayi

Biasanya warna lendir pada feses bayi👶 adalah bening atau kehijauan, merah, atau kehitaman. Warna dari lendir dapat mengindikasikan penyebab dari BAB berlendir ini.

☁️Kondisi intususepsi

Apabila si kecil masih berusia beberapa bulan dan hanya minum ASI, maka kondisi ini bisa diakibatkan oleh intususepsi. Intususepsi merupakan kondisi usus yang terlipat yang menyebabkan proses pencernaan bayi terhambat😢.

Tetapi apabila usia bayi sudah besar dan tidak hanya minum ASI, maka BAB berlendir bisa diakibatkan oleh kondisi gangguan penyerapan usus seperti penyakit celiac, alergi makanan, disentri🚽.


Pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika BAB bayi berlendir

🌊Memberikan bayi air putih

Berikan bayi Anda banyak air putih dapat membantu mengatasi BAB berlendir. Air dapat membantu menetralisir bakteri yang terdapat di perut dan melepaskan gas💨 dari perut.

🍼Pastikan asupan ASI tercukupi

Ketika bayi mengalami BAB berlendir, bayi berisiko mengalami dehidrasi. Karena itu, pastikan untuk menyusui🤱 bayi dengan teratur.

🍽️Memberikan makanan yang mudah untuk dicerna

Berikan bayi makanan yang mudah untuk dicerna contohnya bubur atau nasi🍚 lembut. Hindari memberikan makanan yang sulit dicerna seperti sereal karena usus bayi sedang terganggu.


Tips agar BAB bayi tidak berlendir

🥄Jaga kebersihan peralatan makan

Cucilah tangan✋ setiap sebelum dan sesudah menyiapkan makanan anak. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan peralatan makan dan makanan si kecil.

✔️Memberikan makanan yang aman

Berikan si kecil makanan yang aman😉 dan tidak menyebabkan alergi. Selain itu, ajarkan anak untuk membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan.