post-title

Jenis cacing yang dapat menyerang anak!

Sistem imunitas anak yang belum berkembang sempurna membuat anak mudah terkena penyakit. Salah satunya adalah cacingan. Apa saja jenis cacing🪱 yang dapat menyerang balita? Dan bagaimana cara mencegahnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!


Jenis-jenis cacing yang dapat menyerang balita

📌Cacing gelang

Cacing gelang disebabkan oleh Ascariasis Lumbricoides yang dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi sebelumnya. Biasanya Anda baru akan menyadari bayi Anda terserang cacing ini sesudah melihat cacing yang keluar ketika si kecil buang air besar🚽. 

✨Cacing kremi

Biasanya tahap penularan parasit dari cacing kremi sampai masuk ke dalam tubuh adalah saat anak menelan👄 cacing kremi yang ukurannya sangatlah kecil. Biasanya sesudah bermain, anak tidak mencuci tangan dan langsung mengambil makanan yang membuat telur cacing ikut masuk ke dalam mulut dan menetas di usus kecil lalu masuk ke usus besar.

📌Cacing pita

Biasanya balita yang mengalami infeksi usus yang disebabkan oleh cacing pita, bagian kepala cacing akan menempel pada dinding usus, sedangkan bagian tubuhnya terus memanjang sambil memproduksi telur di dalam usus. Anak berisiko menelan cacing ini ketika mengonsumsi daging babi atau daging sapi🥩 yang tidak matang.

✨Cacing tambang

Cacing tambang biasanya akan melekat di usus dengan mulut mereka. Cacing tambang akan menghisap darah yang menyebabkan anak cacingan. Karena itu, cacing ini juga dapat membuat anak mengalami anemia😵 dan gizi buruk.


Bagaimana cara mencegah agar anak tidak cacingan?

✋Memotong kuku anak dengan teratur

Guntinglah kuku anak secara teratur terutama saat kukunya sudah panjang. Hal ini untuk mencegah ruang bagi pertumbuhan telur🥚 cacing.

💊Berikan anak obat cacing

Berikan anak obat cacing setiap enam bulan sekali dengan rutin sejak anak telah menginjak usia 2 tahun. Selain itu, cegah anak untuk menggaruk🤏 anus ketika terasa gatal.

🌊Membiasakan anak untuk mencuci tangan

Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dengan benar. Terutama ketika sebelum dan sesudah makan🍚, sesudah bermain, dan sebelum dan sesudah dari kamar mandi.

👚Mencuci pakaian dengan air panas

Mencuci pakaian, handuk, dan seprai dengan air panas dapat membunuh telur cacing yang bisa saja menempel. Setelah itu, jemur di bawah sinar☀️ matahari atau gunakan mesin pengering dengan suhu yang panas.