post-title

Tahapan belajar membaca anak sesuai usia

Membaca merupakan keterampilan yang penting diajarkan pada anak sedari dini. Terdapat beberapa tahapan yang akan dilewati anak ketika belajar membaca📙. Apa saja tahapannya?


Bagaimana tahapan belajar membaca anak sesuai usianya?

🎈Usia 1-3 tahun

Pada usia 1-3 tahun, anak sudah mulai mengerti apa yang sedang dibacakan💭 orang tuanya. Anak juga telah mempunyai 1 sampai 2 buku yang menjadi buku favoritnya dan sering ia baca.

📌Usia 4-5 tahun

Ketika anak telah menginjak usia 4-5 tahun🗓️, mereka telah mengenal suku kata dan mampu merangkai kalimat pendek. Ketika anak berusia 5 tahun, mereka telah mengerti cara membaca berdasarkan dengan maknanya dan dapat menceritakan ulang apa yang mereka baca.

🔑Usia 6-7 tahun

Pada usia ini, yaitu menginjak usia sekolah dasar, kemampuan membaca🤓 anak telah berkembang dengan lebih pesat. Mereka dapat mengoreksi dirinya sendiri apabila salah membaca. Jika terdapat kata yang tidak mereka pahami, maka anak akan bertanya. Anak juga telah mampu membaca bacaan dengan tulisan yang lebih banyak.


Berjuta manfaat membaca bagi anak!

✨Mendorong kreativitas

Buku bacaan yang bergambar akan membuat kreativitas anak meningkat. Ketika membaca, anak akan membayangkan tokoh yang sedang ia lihat👀 di dalam buku.

😊Memperkuat kualitas hubungan anak dan orang tua

Membacakan bacaan pada anak akan memperkuat bonding💖 dan kualitas hubungan orang tua dengan anak. Mengajak anak membaca akan membuat hubungan dengan anak terus terhubung dengan baik.

🧠Mempertajam daya ingat

Dengan membaca buku, otak anak akan terangsang⚡ untuk bekerja dengan lebih baik. Karena itu, membaca dapat mempertajam daya ingat anak.

👂Meningkatkan keterampilan mendengarkan anak

Anda dapat membeli buku bacaan anak dengan fitur musik🎵 atau suara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkannya. Anda juga sebaiknya membacakan buku dengan menggunakan artikulasi yang baik. Ketika anak terlihat mengerti jalan cerita buku yang Anda bacakan, maka hal ini menandakan anak dapat mendengarkan cerita dengan baik.