post-title

Cara agar si kecil mendengarkan Anda

Komunikasi yang baik tentunya menjadi salah satu kunci dalam menjalin hubungan yang baik dengan anak. Terkadang anak tidak mau mendengarkan saat Anda berbicara dan hal itu tentunya membuat Anda jengkel. Bagaimana ya supaya anak mau mendengarkan👂 saat orang tua berbicara?


Sebelumnya, mari ketahui penyebab anak tidak mau mendengarkan orang tuanya!

💭Orang tua memberikan perintah bersama dengan kritikan

Anda pastinya pernah memberikan perintah pada anak bersama dengan kritikan, baik disadari maupun tidak disadari. Contohnya, “Dek, abis main, mainannya🚗 dirapikan dong! Lihat, kamarmu sudah seperti kapal pecah!”. Memerintah anak disertai dengan kritikan dapat membuat anak menjadi jengkel sehingga mengabaikan perintah Anda.

💡Penjelasan yang terlalu panjang

Anak-anak biasanya belum dapat fokus mendengarkan terlalu lama⏲️. Hal ini karena kemampuan dan rentang perhatian anak dalam memahami penjelasan belum seperti orang dewasa.

⚡Orang tua sering memarahi anak dengan berteriak

Kebiasaan memarahi anak atau memberikan perintah dengan berteriak dapat membuat anak enggan😖 untuk mendengarkan. Hal tersebut juga dapat membuat anak tumbuh menjadi anak yang tidak percaya diri, bahkan mengalami depresi.


Cara agar anak mau mendengarkan orang tua

✔️Memakai bahasa yang jelas

Kosakata anak yang masih terbatas membuat anak bisa saja tidak mengerti apa yang Anda katakan. Karena itu, usahakan untuk memakai bahasa yang sederhana dan jelas ketika berbicara dengan si kecil👶.

😉Memberi contoh yang baik

Anak senang mengamati dan mencontoh perilaku orang tua. Karena itu, berikan contoh perilaku yang baik dapat mendorong anak untuk tumbuh dengan perilaku yang juga baik. Contohnya, dengarkanlah anak dengan baik ketika berbicara tanpa sambil sibuk dengan ponsel📱 Anda. Hal ini dapat mendorong anak untuk juga menjadi pendengar yang baik.

🔑Panggil nama anak sebelum berbicara

Sebelum mengajak anak berbicara, panggil nama anak terlebih dahulu. Anak akan fokus😊 saat Anda memanggil namanya sebelum memulai percakapan atau permintaan. 

👀Pastikan kedudukan mata setara

Saat berbicara dengan anak, pastikan kedudukan mata Anda dengan anak untuk setara. Anda👩‍🦱 dapat menggendongnya atau berjongkok agar dapat berhadapan dengannya.