post-title

Ajarkan anak mengenali emosi

Tentunya bukan hal yang mudah untuk mengajarkan anak mengenali dan mengekspresikan emosinya dengan tepat. Tetapi, membantu anak untuk mengenali emosinya💖 sedari dini adalah hal yang sangat penting.


Tips mengajarkan berbagai emosi pada anak dengan sarana!

😊Memakai emoji

Anda dapat mengajarkan anak mengenai berbagai emosi dengan menggunakan emoji dan gambar. Bahas dan jelaskan💭 arti dari setiap emoji. Sesudah itu, Anda dapat menanyakan pada si kecil bagaimana perasaannya saat ini dengan memilih salah satu emoji.

🎵Menggunakan lagu

Anda dapat menggunakan lagu untuk membantu balita mengenali berbagai perasaan. Putarkan lagu yang riang🎈 dan bernyanyilah bersama dengannya.

📙Mendiskusikan perasaan karakter dalam buku

Anda dapat mendiskusikan🤓 perasaan tiap karakter dalam buku ketika sedang membaca buku bersama si kecil. Anda dapat bertanya pada si kecil tentang bagaimana kira-kira perasaan karakter tersebut sekarang. Lalu diskusikan dan jelaskan alasan dari berbagai perasaan tersebut.


Cara mengajarkan anak menghadapi emosinya

✨Menunjukkan saat Anda merasa marah dan cara menghadapinya

Anda dapat memberi contoh cara yang sehat dalam menghadapi emosi yang tidak baik. Contohnya, Anda dapat mengatakan, “Mama sangat kesal karena lalu lintas sekarang sangat macet”. Lalu, tariklah napas dalam-dalam🌬️ sehingga anak dapat melihat dan mempelajari bagaimana cara mengatasi rasa kesal.

✔️Apresiasi secara positif

Pastikan untuk mengapresiasi secara positif tiap kali anak mengekspresikan emosinya dengan cara yang baik. Anda juga dapat memakai sistem penghargaan👏 dengan memberinya stiker favoritnya untuk memperkuat kebiasaan positifnya.

👩‍🦱Dorong anak untuk menghadapi emosinya dengan baik

Saat si kecil sedang merasa tidak nyaman dengan emosinya, Anda dapat membantunya menghadapi emosinya dengan mendorongnya untuk mengambil waktu sendiri untuk menenangkan🍃 diri. Bawa anak ke tempat atau kamar yang tenang untuk menenangkan dirinya.