post-title

Duh.. Si kecil ketombean!

Ketombe tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa, namun juga anak kecil. Meskipun ketombe tidak berbahaya, tapi si kecil bisa saja merasa malu☹️ apabila ia telah sadar dengan penampilannya.


Penyebab ketombe pada anak

🧴Pengaruh produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut yang meninggalkan residu dapat menyebabkan kulit kepala berketombe. Reaksi negatif pada produk kulit kepala, atau keramas🌊 yang terlalu jarang maupun terlalu sering akan menyebabkan munculnya ketombe.

✨Kondisi kulit

Kondisi kulit yang kering karena musim dingin yang kering dapat menyebabkan ketombe pada anak. Psoriasis, jerawat, atau eksim😞 juga menyebabkan sel kulit mati menumpuk pada kulit kepala.


Gejala kulit kepala anak berketombe

⚡Kulit kepala yang kering

Biasanya kulit kepala anak akan kering dan bersisik disertai dengan kemerahan ringan pada area kulit kepala yang berketombe. Rambut juga akan rontok🍃 sementara.

🪔Kulit berminyak

Kulit kepala atau bagian tubuh lainnya yang berminyak juga dapat menjadi pertanda kulit kepala anak👶 berketombe. Selain itu, kulit juga akan terkelupas pada area tubuh lain yang memiliki rambut.


Solusi atasi ketombe anak

✔️Memakai sampo ketombe untuk anak

Apabila masalah ketombe anak cukup berat, Anda dapat memberikan anak sampo ketombe khusus anak. Diamkan sampo selama kurang lebih 2 menit di kulit kepalanya ketika keramas. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️ sebelum memberikannya sampo ketombe.

💡Lakukan proses keramas dan keringkan rambut anak dengan tepat

Kulit kepala yang terlalu lembab atau terlalu kering dapat menyebabkan ketombe pada anak. Karena itu, hindari memakaikan anak kondisioner karena dapat memunculkan ketombe pada anak yang mempunyai kulit kepala yang terlalu lembab. Jangan lupa untuk mengeringkan🌬️ rambut si kecil dengan menyeluruh agar tidak lembab.