post-title

Ajarkan anak ini sebelum masuk TK!

Masuk TK merupakan transisi si kecil dari rumah ke sekolah. Di TK, anak akan banyak melakukan kegiatan yang berfokus pada menyanyi🎵, interaksi sosial, bermain, dan kegiatan praktis lainnya seperti menggambar. Terdapat beberapa keterampilan yang sebaiknya Anda ajarkan pada si kecil sebelum masuk TK. Apa saja? Simak informasinya berikut ini!


Berbagai keterampilan yang perlu diajarkan pada anak sebelum masuk TK

✍🏻Keterampilan berhitung dasar

Anak TK biasanya akan mempelajari beberapa konsep dasar matematika. Karena itu, sebaiknya Anda telah mengajarkan si kecil beberapa keterampilan berhitung dasar sebelum masuk TK. Anda dapat menggunakan aktivitas yang menarik seperti menghitung bersama anak berapa jumlah telur🥚 yang akan digunakan untuk memasak.

💖Keterampilan sosial

Balita penting untuk belajar cara berkomunikasi dengan efektif dan bekerja sama dengan teman sebayanya. Anda dapat membantu balita melatih keterampilan sosialnya dengan bermain role play atau mengajak si kecil untuk bermain🎈dengan tetangga yang mempunyai anak seusia si kecil.

📌Keterampilan motorik halus

Sebelum si kecil masuk TK, Anda dapat membantu si kecil untuk mengasah keterampilan motorik halusnya dengan melakukan banyak kegiatan menarik di rumah🏠 seperti bermain dengan adonan bermain. Hal ini karena di TK anak akan banyak melakukan kegiatan yang meningkatkan motorik halusnya seperti kemampuan dalam menggunakan tangan dan jari.

💭Keterampilan bahasa

Saat Anda mengembangkan keterampilan membaca si kecil, Anda juga membantunya mengasah keterampilan bahasanya. Anda dapat memilih buku📙 yang sesuai dengan perkembangan dan usia si kecil, lalu bicarakan dengannya.


Jangan lupa untuk mengajarkan si kecil hal ini juga!

📝Membaca dan menulis

Pastikan si kecil sudah familiar dengan kata, arah membaca kiri ke kanan, dan huruf sebelum masuk TK. Anda juga dapat mengajaknya bermain magnet huruf untuk mengasah kemampuan membaca🤓 dan menulisnya.

👂Mendengarkan dan mengikuti instruksi

Di TK, biasanya si kecil akan belajar👧🏻 untuk mendengarkan lalu mengikuti petunjuk di dalam kelas. Anda dapat membantu si kecil mengasah keterampilan ini dengan melakukan permainan yang menyenangkan seperti permainan “Simon Says” bersama dengan si kecil.