post-title

Bagaimana ya membacakan dongeng yang seru?

Membacakan dongeng pada si kecil tidak hanya memberikan hiburan baginya, tapi juga dapat meningkatkan berbagai kemampuan dan kreativitas anak. Supaya anak tidak bosan dan terus tertarik, Anda sebaiknya mengetahui cara membacakan dongeng📙 dengan benar.


Hal yang perlu disiapkan sebelum membacakan dongeng!

💡Menyiapkan alat bantu

Anda dapat menyiapkan alat bantu seperti boneka🧸 atau gambar untuk membantu menyampaikan isi cerita. Menggunakan boneka dapat membuat anak merasa lebih tertarik dan tidak merasa bosan.

📝Pahami karakter tokoh

Pastikan untuk memahami karakter dongeng terlebih dahulu sebelum menceritakannya pada anak. Anda dapat melakukan berbagai gerakan maupun ekspresi wajah yang sesuai dengan isi cerita untuk membuat anak antusias😊 mendengarkan.

✔️Memilih cerita yang berkualitas

Pilihlah cerita yang baik untuk disampaikan kepada anak. Contohnya memilih tema cerita dengan unsur kebaikan seperti cinta kasih, perdamaian💖, dan pendidikan. Hindari memilih cerita yang mengandung unsur balas dendam, kekerasan.


Tips membacakan dongeng dengan seru!

👶Ikut libatkan anak

Turut melibatkan anak saat membaca dongeng sebelum anak tidur akan membuat suasana lebih menyenangkan dan seru. Anak akan menjadi lebih aktif dalam mendengarkan👂 dan menyimak isi cerita.

👀Pastikan membuat kontak mata

Pastikan untuk membuat kontak mata dan kontak fisik dengan anak saat membacakan dongeng. Dengan membuat kontak mata, anak akan lebih fokus dalam mendengarkan dan dapat membangun bonding☘️ dengan anak.

🌬️Lakukan saat anak sedang santai

Mendongeng sebelum anak tidur🛏️ di malam hari sangatlah baik. Hal ini karena tubuh anak sudah relaks sehingga otak juga lebih mudah menyerap pesan yang disampaikan melalui dongeng.