post-title

Kenapa rambut si kecil tidak kunjung tumbuh?

Pertumbuhan rambut si kecil yang terlihat tipis, lambat, bahkan rontok tentunya akan membuat orang tua khawatir. Apakah rambut balita👶 yang tipis disebabkan oleh penyakit? Simak penjelasannya berikut ini!


Mengapa rambut si kecil tidak kunjung tumbuh?

✨Faktor genetik

Faktor genetik berperan utama dalam menentukan pertumbuhan, tekstur, dan warna rambut anak. Apabila ayah atau ibu💑🏽 memiliki rambut yang tipis, maka bisa jadi rambut si kecil juga akan tipis.

🍊Faktor nutrisi

Makanan yang anak konsumsi memengaruhi rambut anak yang sehat, berkilau, dan tebal. Beberapa nutrisi penting yang diperlukan dalam pertumbuhan rambut diantaranya seng, kalsium🥛, dan vitamin B.

📝Faktor medis

Infeksi parah, disfungsi tiroid, atau demam yang sangat tinggi dapat mengakibatkan rambut rontok sementara pada balita. Selain itu, infeksi jamur🍄 seperti tinea capitis yang sejenis kurap bisa mengakibatkan rambut di bagian belakang kulit kepala balita rontok. 

⚡Efek produk perawatan rambut

Efek dari pemakaian produk perawatan rambut pada balita juga dapat mengakibatkan kerusakan atau kerontokan rambut. Berhati-hatilah dengan sampo yang mengklaim mengandung formulasi yang ringan karena bisa saja terlalu kuat😖 untuk kulit kepala dan rambut si kecil.


Segera bawa si kecil ke dokter jika terdapat kondisi berikut!

💭Terlihat bintik-bintik botak

Apabila terlihat bintik botak pada kulit kepala si kecil, segera bawa anak Anda ke dokter.👩‍⚕️ Kerontokan rambut ketika minum obat atau sesudah sakit juga perlu diwaspadai.

🤏Kulit kepala gatal

Segera kunjungi dokter🏥 jika si kecil merasa kulit kepalanya nyeri atau gatal. Anak yang mengalami luka bakar atau cedera di kepala dan kehilangan bulu mata atau alisnya juga harus segera dibawa ke dokter.