post-title

Bibir sumbing, bagaimana cara menanganinya?

Semua orang tua pastinya mendoakan anaknya untuk lahir dalam keadaan sehat sempurna tanpa kekurangan. Tetapi, ada anak yang terlahir dengan bibir sumbing. Kondisi seperti apakah bibir👄 sumbing? Bagaimana cara menanganinya?


Apa itu bibir sumbing?

⚡Kondisi bibir sumbing

Bibir sumbing biasanya terjadi saat jaringan rahang atas dan hidung👃 tidak menyatu dengan sempurna yang mengakibatkan terjadinya belahan. Kondisi bibir sumbing dapat terjadi pada bagian bibir saja atau cleft lip, atap mulut atau langit-langit yang disebut dengan cleft palate, atau keduanya.

☁️Efek bibir sumbing

Bibir sumbing dapat menyebabkan gangguan bicara pada anak, gangguan pertumbuhan gigi🦷, infeksi telinga, dan gangguan kesehatan pada anak. Selain itu, anak dapat menjadi sasaran bullying hingga mengalami gangguan psikososial.


Berbagai hal penyebab bibir sumbing

✨Faktor genetik

Berdasarkan penelitian, gen dari orang tua💑🏽 yang diturunkan pada anak membuat anak memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami bibir sumbing. Namun, bukan berarti jika orang tua menderita bibir sumbing, anaknya juga pasti akan ikut mengalaminya.

💊Efek samping obat

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk memerhatikan apa saja obat yang dikonsumsi. Pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️ kandungan sebelum mengonsumsi obat-obatan. Hal ini karena beberapa kasus bibir sumbing pada anak diduga diakibatkan oleh efek samping obat yang diminum saat hamil.

☹️Kurang asam folat

Asam folat berperan dalam mencegah bayi lahir cacat. Kekurangan asam folat saat hamil🤰 diduga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko janin lahir dalam kondisi bibir sumbing.


Bagaimana cara mengatasi bibir sumbing pada anak?

🏥Operasi pada usia 3 bulan

Saat berat badan bayi ideal🍃 serta kondisi tubuhnya juga dinyatakan sehat oleh dokter, maka bayi dapat melakukan operasi penyatuan celah langit-langit bibir. Terdapat banyak manfaat yang akan diperoleh si kecil apabila melakukan tindakan operasi dini. Salah satunya, dengan operasi, diharapkan dapat mencegah gangguan pertumbuhan gigi bayi.

📌Penggunaan NAM

Saat bayi lahir, bayi akan diberikan NAM atau Nasoalveolar Molding. Hal ini adalah metode pasif non bedah untuk celah bibir sebelum operasi, serta akan memberikan hasil operasi yang lebih baik. Menggunakan NAM dapat membuat bayi minum ASI🤱 tanpa takut tersedak.

💭Terapi wicara

Sesudah operasi, anak tetap harus melakukan terapi wicara. Terapi wicara biasanya dilakukan sesudah satu bulan menjalani operasi dan dilakukan sampai usia 5 tahun. Melalui terapi, anak akan belajar melafalkan berbagai kata dengan jelas serta mengatur pernapasan🌬️ saat berbicara.