post-title

Duh.. Gigi susu si kecil lubang!

Gigi berlubang pastinya juga dapat dialami oleh anak-anak. Meskipun gigi susu si kecil akan tanggal dan berganti dengan gigi🦷 permanen, namun gigi susu juga penting untuk dijaga kesehatannya lho. Nah, kalau gigi susu berlubang, perlu ditambal tidak, ya?


Peran gigi susu

💭Membantu proses perkembangan balita saat berbicara

Gigi susu berperan dalam menunjang perkembangan balita saat melafalkan huruf. Karena itu, gigi susu yang berlubang yang tidak dirawat bisa menghambat😢 perkembangan bicara anak.

🔑Penjaga tempat bagi gigi permanen

Gigi susu berperan dalam menjaga tempat untuk gigi permanen yang nantinya akan muncul. Apabila gigi susu yang berlubang dicabut🤏 ataupun tanggal sebelum gigi permanen tumbuh, gigi di sekitar akan berpindah menuju posisi yang ditinggalkan gigi tersebut. Hal ini dapat menyebabkan gigi permanen terhalang gigi lain untuk tumbuh.

👄Mengunyah makanan

Gigi susu yang sehat penting dalam memastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dengan cukup. Hal ini karena apabila gigi berlubang menyebabkan nyeri, anak akan kesulitan makan🍽️.


Dampak buruk jika gigi susu berlubang tidak ditambal!

☁️Lubang akan mendalam

Lubang pada gigi susu balita yang tidak kunjung ditambal akan membuat lubang semakin dalam dan meluas. Hal ini dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, demam☀️, dan nyeri.

🍴Anak malas makan dan aktivitasnya terganggu

Anak dapat merasa malas untuk makan karena giginya terasa sakit. Asupan nutrisi tubuhnya dapat terganggu dan dapat mengganggu konsentrasi anak dalam belajar🤓 atau beraktivitas karena giginya yang terasa sakit.

😫Gigi permanen tumbuh berantakan

Gigi permanen biasanya tumbuh sesuai usia anak. Contohnya, gigi geraham tumbuh di usia 10 tahun. Jika pada usia 5 tahun🗓️, gigi anak sudah banyak yang dicabut karena lubangnya terlalu parah, maka selama 5 tahun berikutnya lokasi gigi tersebut akan kosong sehingga gigi sekitarnya akan bergeser yang membuat gigi permanen tumbuh berantakan.