post-title

Kenapa Hb anak rendah?

Biasanya, anak-anak balita akan terus bermain setiap hari tanpa lelah. Nah, jika si kecil terlihat cepat lelah, napasnya pendek, pucat, sudah makan dengan cukup dan beristirahat tapi tetap terlihat mudah lemas, maka bisa jadi ia kekurangan hemoglobin atau Hb✨.


Berbagai penyebab Hb anak rendah

☁️Hipotiroidisme

Hipotiroid terjadi disebabkan oleh aktivitas kelenjar tiroid yang kurang aktif dan tidak menghasilkan hormon yang cukup guna memenuhi kebutuhan. Kekurangan hormon tiroid akan menyebabkan penurunan aktivitas sumsum tulang🦴 yang membuat menurunnya produksi sel darah merah.

⚡Thalasemia

Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua. Thalasemia menyebabkan anak kurang darah atau mengalami anemia. Thalasemia berat dapat mengakibatkan gangguan hati❤️, gagal jantung, pertumbuhan terhambat dan kematian.

📌Anemia

Anemia merupakan kondisi saat jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang sampai di bawah batas normal. Anemia dapat disebabkan saat tubuh kesulitan☹️ menghasilkan sel darah merah, kerusakan sel darah merah, saat terjadi perdarahan berat, atau akibat adanya gangguan penyerapan zat besi yang disebut IDA atau anemia defisiensi besi.

✍🏻Kanker darah

Terdapat 3 jenis kanker darah, leukemia, limfoma, dan multiple myeloma. Kanker darah menghambat😞 produksi sel darah merah yang menyebabkan jumlah sangat sedikit. Hal ini menyebabkan jumlah hemoglobin dalam sel darah merah juga turut menjadi sedikit.


Cara menangani Hb rendah pada balita

✔️Melakukan transfusi darah

Bayi yang lahir prematur atau yang mengalami gangguan medis📝 tertentu akan membutuhkan transfusi darah guna meningkatkan sel darah merah tubuh. Biasanya hal ini dilakukan melalui jalur intravena yang membantu mengembalikan jumlah sel darah merah agar normal.

💊Obat penambah darah

Dokter dapat meresepkan obat penambah darah guna membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah, contohnya vitamin B12, suplemen zat besi, dan asam folat. Biasanya, suplemen atau obat akan diberikan oleh dokter melalui suntikan💉 atau jalur IV.

🏥Tetap berkonsultasi dengan dokter

Perawatan menaikkan Hb bayi dapat menyebabkan efek samping tertentu. Karena itu, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ jika terjadi gejala atau perubahan apapun yang berhubungan dengan Hb rendah.