post-title

Cara memberi makan anak

Memberi makan anak yang masih kecil memang susah-susah gampang. Terdapat berbagai teknik memberikan anak makan, teknik🥄 apa yang paling baik ya?


Mari kita kenali berbagai gaya orang tua saat memberi makan anak!

☘️Gaya permisif

Dalam gaya permisif, anak merupakan pusat saat memberikan makan. Orang tua biasanya mengizinkan anak untuk makan kapanpun dan makan apapun yang mereka inginkan. Gaya memberi makan ini memanjakan anak sehingga tidak terdapat jadwal📝 dan menu makan anak yang teratur.

💖Gaya otoritatif

Berdasarkan ahli gizi anak Jill Castle, gaya otoritatif merupakan gaya memberi makan terbaik. Hal ini karena anak belajar untuk mendengarkan isyarat kenyang dan laparnya💨. Anak juga membentuk kemampuan untuk membangun preferensi selera makannya walau tetap diberi batasan dalam menu dan waktu makan.

Dalam gaya otoritatif atau disebut juga dengan gaya berwibawa, orang tua memberikan pilihan makanan pada anak sebelum menyajikan makanan. Orang tua akan menanyakan apakah si kecil lebih suka bubur ayam atau telur dadar dengan sosis sebagai menu sarapan🍴 hari ini.

⚡ Gaya otoritarian

Gaya makan otoritarian menjadikan orang tua sebagai pusat. Gaya makan ini membatasi pilihan anak akan menu yang ingin ia makan dan seberapa banyak jumlah makanan yang anak sanggup makan. Orang tua akan menentukan menu, jumlah, dan memaksa☹️ anak untuk menghabiskan seluruh makanan walau si kecil sudah kenyang.

☁️Gaya lalai

Mirip dengan gaya makan permisif, biasanya dalam gaya makan lalai, orang tua cenderung untuk tidak menyediakan makanan dengan teratur dan aktif. Biasanya disebabkan orang tua sibuk sehingga tidak sempat menyiapkan makanan🍲 atau orang tua tidak berbelanja bahan makanan dengan rutin.


Bagaimana cara memberi makan bayi yang belum terampil makan?

🤤Awalnya mulailah sedikit dulu

Walaupun Anda memakai sendok kecil yang agak pipih, tapi suapi seujung sendok terlebih dahulu. Sesudah bayi👶 mulai terampil makan, Anda dapat mulai menambahkannya sedikit demi sedikit.

😉Tidak perlu dihabiskan

Pastinya orang tua merasa khawatir jika bayi makan sedikit. Karena itu, biasanya orang tua akan memaksa menyuapi dalam jumlah yang banyak. Padahal perut bayi masih kecil dan biasanya untuk anak usia satu tahun, hanya perlu sekitar satu sendok🥄 makan penuh untuk sekali makan. Semakin bertambah usianya, porsi makannya juga akan semakin bertambah.

🚗Hindari menaruh mainan di dekat meja makan

Hindari untuk menaruh mainan di meja makan atau menyuapi sambil anak menonton video kartun di ponsel📱 atau menonton televisi. Melakukan hal tersebut akan mengganggu bayi untuk belajar berkonsentrasi ketika makan untuk mengunyah dan menelan dengan baik.