post-title

Si kecil nanya terus nih!

Rasa ingin tahu yang tinggi merupakan bagian dari tumbuh-kembang si kecil. Si kecil sedang dalam fase mengeksplorasi seluruh hal yang baru baginya. Karena itu, ia akan sering bertanya🙋 “kenapa?”. Mungkin Anda akan merasa kesal menghadapi pertanyaannya yang beruntun, namun hal tersebut adalah tahap penting dalam pertumbuhannya.


Mulai kapan si kecil akan senang bertanya?

❓Sejak usia berapa anak akan senang bertanya?

Si kecil umumnya akan mulai senang bertanya saat usia 2-3 tahun. Hal ini juga akan terus berlangsung hingga si kecil berusia 4-5 tahun🗓️. Tetapi, ada pula anak yang terus bertanya hingga berusia lebih dari 5 tahun.

💭Mengapa anak sering bertanya “kenapa”?

Alasan anak sering bertanya💡 pada usia ini adalah si kecil sedang ingin tahu dengan bagaimana semua hal bekerja di sekitar mereka. Baginya, semua hal di dunia adalah hal yang baru.


Cara hadapi anak yang sering bertanya

🌬️Tetap bersabar ketika menjawab

Usahakan untuk tetap bersabar💖 ketika menjawab pertanyaan si kecil. Meskipun lelah, tetaplah bijaksana dalam menjawab pertanyaan-pertanyaannya.

🤓Ajak si kecil untuk turut mencari jawaban 

Pasti ada saatnya Anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan si kecil. Ketika hal ini terjadi, janganlah berbohong atau menghindar. Anda dapat mengatakan bahwa Anda tidak tahu jawabannya dan ajaklah si kecil untuk ikut mencari📙 jawabannya.


Manfaat dari anak yang sering bertanya

🎈Anak dapat mendapatkan banyak informasi

Dengan sering bertanya “kenapa?”, anak akan mendapatkan banyak informasi dari jawaban orang-orang yang mereka percayai. Sering bertanya akan menumbuhkan sikap proaktif dalam proses pembelajarannya✍🏻.

🔑Memperkaya kosakata baru

Sering bertanya juga dapat memperkaya jumlah kosakata baru anak. Dari pertanyaan “kenapa?”, anak akan mendapatkan banyak kosakata baru😊 dari jawaban yang diberikan Anda.