post-title

Benda apa saja yang rentan tertelan si kecil?

Anak berusia di bawah 5 tahun biasanya sedang berada pada fase oral, yaitu senang memasukkan berbagai macam benda ke dalam mulutnya👄 untuk eksplorasi. Terkadang, benda tersebut juga tidak sengaja tertelan dan membuat Anda panik. Apa yang harus dilakukan jika si kecil tidak sengaja menelan benda asing?


Benda apa saja yang rentan tertelan si kecil?

📌Bagian kecil mainan seperti lego

Apabila anak tidak sengaja menelan bagian kecil dari mainan, contohnya lego, bagian sudut-sudut lego yang tajam dapat menimbulkan masalah. Karena itu, Anda sebaiknya segera membawa anak ke dokter atau UGD🏥 untuk diperiksa dengan sinar X.

🪙Koin

Jika si kecil menelan koin, segera bawa ke UGD atau dokter anak👩‍⚕️. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan dengan sinar X guna mengetahui letak koin di dalam saluran pencernaan.

✨Play Doh

Meskipun beberapa play doh mengklaim tidak beracun, namun apabila si kecil menelannya dalam jumlah yang banyak, bisa saja ia akan mengalami gangguan yang lebih serius selain diare ringan🚽. Anda sebaiknya segera membawa si kecil ke UGD atau dokter.

🍬Permen karet

Dr. Jason Sherman, DO., seorang dokter anak di Ohio, AS membenarkan bahwa memang betul permen karet tidak bisa dicerna😞. Namun, biasanya apabila permen karet yang tertelan hanyalah dalam jumlah sedikit, biasanya permen karet akan keluar dari perut si kecil dalam beberapa hari.

Namun, apabila jumlah permen karet yang tertelan cukup banyak dan besar hingga membuat anak tersedak, hal ini sangat berbahaya. Karena itu, sebaiknya hindari memberi anak permen karet hingga ia cukup umur untuk mengetahui bahayanya ya😉.


Langkah yang dapat dilakukan jika si kecil tidak sengaja menelan benda asing!

🧻Perhatikan tinja si kecil

Apabila si kecil menelan benda tumpul yang kecil dan tidak memperlihatkan masalah, biasanya ahli medis akan menyarankan Anda untuk memerhatikan tinja si kecil untuk melihat apakah benda tersebut sudah keluar. Biasanya benda tersebut akan keluar dalam 4-6 hari🗓️. Sebaiknya anak buang air besar di pispot agar benda yang keluar bisa terlihat.

☁️Perhatikan gejala yang timbul

Biasanya Anda dapat langsung melihat gejala yang timbul apabila benda asing tersebut menyumbat jalan napas anak. Biasanya gejala yang muncul adalah sulit bernapas🌬️, mengi, tersedak, dan batuk.

✔️Tetap berkonsultasi ke dokter

Anda sebaiknya tetap membawa si kecil untuk berkonsultasi dengan dokter meskipun Anda yakin benda asing tersebut dapat terbuang dengan alami. Apabila benda asing tersangkut di kerongkongan antara mulut dan tenggorokan si kecil, maka dokter akan mencoba mengeluarkannya dengan alat yang dimasukkan melalui mulut👄, yaitu secara endoskopi.