post-title

Faktor biologis? Apa saja?

Dalam tumbuh kembang anak, tidak hanya faktor lingkungan, namun faktor biologis juga turut berperan penting. Faktor biologis✨ dapat memengaruhi perkembangan awal anak secara positif maupun negatif.


Apa yang dimaksud dengan faktor biologis?

💡Pengertian faktor biologis

Faktor biologis merupakan faktor-faktor yang hadir ketika anak dilahirkan ataupun sesudahnya yang memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak. Terdapat faktor biologis yang positif seperti warna mata👀 dan rambut anak, tinggi badan dan faktor biologis negatif seperti cacat genetik.

😉Faktor biologis memengaruhi perkembangan awal anak

Faktor biologis sangat berperan dalam memengaruhi perkembangan awal anak. Faktor biologis ini dapat berdampak pada anak sampai sepanjang hidupnya🚶‍♀️.


Apa saja faktor biologis yang dapat memengaruhi perkembangan anak?

🍽️Nutrisi

Kesehatan dan pola makan ibu ketika hamil sudah berperan besar dalam perkembangan anak. Kebutuhan nutrisi ketika hamil tentunya berbeda-beda bergantung pada kondisi tiap ibu dan usia kehamilannya. Karena itu, pemeriksaan kandungan🤰 secara berkala amatlah penting untuk mengetahui kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungan.

🎈Faktor genetik

Faktor genetika merupakan transmisi karakteristik dari orang tua pada keturunannya melalui gen mereka. Faktor genetik tidak hanya berpengaruh pada warna kulit, rambut, atau warna bola mata, tapi karakteristik sosial seperti temperamen dan kemampuan intelektual🧠 juga menurun dari orang tua pada anak, meskipun faktor lingkungan juga dapat mengubahnya.

✍🏻Gender

Anak laki-laki menghasilkan lebih banyak hormon androgen, dan anak perempuan menghasilkan estrogen. Anak perempuan yang memiliki kadar androgen tinggi umumnya memperlihatkan sifat maskulin dibandingkan anak perempuan👧🏻 dengan kadar androgen yang normal.

🔑Faktor hormon

Produksi yang normal dari hormon-hormon memastikan tubuh anak melewati fase perkembangan normalnya. Contohnya, hormon yang diproduksi pada kelenjar pituitari yang terdapat di otak, berperan dalam tinggi badan📏 anak.