post-title

Bahayanya merokok di dekat anak!

Asap rokok tidak hanya buruk bagi bayi dan anak-anak, namun juga bagi semua orang. Walaupun anak-anak tidak merokok secara langsung, tapi asap rokok yang ditimbulkan dari rokok🚬 yang dihirup orang dewasa di sekitarnya akan berakibat buruk bagi mereka.


Bahaya asap rokok bagi anak-anak

😞Fungsi paru-paru yang menurun

Paru-paru anak akan terus berkembang hingga masa remaja. Asap💨 rokok dapat mengakibatkan penurunan fungsi paru-paru selama masa kanak-kanak, yang akan memengaruhi penurunan tingkat maksimum paru-paru saat masa remaja dan dewasa awal nantinya.

✨Risiko kanker

Berdasarkan jurnal PLoS One, disebutkan bahwa anak yang lahir dari orang tua yang merokok berisiko lebih tinggi untuk mengalami sejenis kanker hati yang bernama hepatoblastoma. Ibu hamil🤰 yang merokok atau terpapar asap rokok juga berkaitan dengan kondisi anak yang menderita leukemia saat masa kanak-kanak.

🌬️Infeksi saluran pernapasan akut

Menurut CDC atau Centers for Disease Control and Prevention, anak-anak yang terpapar asap rokok di rumah🏠 berisiko lebih tinggi tertular infeksi saluran pernapasan akut, seperti pneumonia, bronkitis, dan bronkiolitis.

👂Mengalami penyakit telinga tengah atau otitis media

Orang tua yang merokok di dekat anaknya, akan menyebabkan anak berisiko 30-40 persen terkena penyakit telinga tengah. Hal ini adalah kondisi saat tuba eustachius, penghubung telinga tengah dengan belakang tenggorokan mengalami penyumbatan yang membuat cairan tertumpuk di telinga tengah yang berisiko menimbulkan infeksi akibat bakteri🦠.


Tips menciptakan lingkungan bebas asap rokok bagi si kecil

🚗Menjadikan rumah dan mobil bebas asap rokok

Jika Anda belum bisa berhenti merokok, paling tidak jadikanlah rumah dan mobil sebagai area bebas asap rokok. Ketika masuk ke dalam rumah, residu asap rokok masih dapat terbawa kembali ke dalam rumah. Di mobil, walaupun membuka jendela, bisa saja angin sedang berlawanan arah yang membuat asap mengenai penumpang👧🏻 yang tidak merokok.

😊Berusaha untuk berhenti merokok

Anda dapat berhenti merokok secara bertahap. Selain itu, jangan sampai lupa meninggalkan sekotak rokok tergeletak sembarangan di dalam rumah atau membiarkan anak melihat👀 Anda sedang merokok.