post-title

Cara memilih bantal yang tepat bagi si kecil

Si kecil pastinya memerlukan tidur yang cukup dan nyenyak setiap hari. Apakah saat tidur😴 bayi memerlukan bantal? Bagaimana cara memilih yang tepat bagi si kecil?


Kapan ya saat yang tepat bagi balita untuk mulai tidur dengan bantal?

🗓️Saat yang tepat bagi balita mulai tidur dengan bantal

Ahli medis merekomendasikan bayi untuk tidak tidur dengan menggunakan bantal, selimut, guling, atau benda lainnya di atas tempat tidurnya. Alasannya untuk mencegah jalan napas🌬️ bayi tertutup bantal atau benda lainnya yang berada di tempat tidurnya. Kesimpulannya, balita baru boleh menggunakan bantal ketika menginjak usia sekitar 18 bulan.

❓Haruskah bayi tidur memakai bantal?

Banyak balita yang sejak bayi telah terbiasa tidur tanpa memakai bantal dan merasa nyaman😊. Tetapi, apabila balita mulai terlihat sering tertidur dengan kepala yang dialasi tangannya sendiri atau selimutnya, maka bisa jadi ia mulai memerlukan tidur dengan bantal.


Bantal dapat cegah kepala peyang bayi?

✨Penyebab sindrom kepala datar atau peyang

Sindrom kepala peyang sebagian besar disebabkan oleh tortikolis bayi atau otot leher yang tegang😖. Saat bayi tidak dapat mengontrol otot leher dengan baik, hal ini akan mengakibatkan mereka memiringkan kepala ke satu sisi ketika berbaring yang membuat asimetri pada kepala bayi yang menjadi peyang.

👶Dilahirkan dengan kondisi ini

Kondisi tersebut sebagian besar disebabkan oleh posisi bayi saat berada di dalam kandungan🤰. Karena itu, pernyataan bantal dapat mencegah kepala peyang bayi tidak sepenuhnya benar. Anda dapat meringankan kondisi ini dengan memiringkan kepala bayi ke arah yang berlawanan ketika tidur.


Tips memilih bantal yang tepat untuk si kecil

✔️Bantal hipoalergenik

Anda dapat memilih bantal hipoalergenik bagi bayi yang sensitif dengan alergen yang ditimbulkan dari lingkungan sekitarnya. Bantal hipoalergenik secara khusus didesain untuk mengurangi jumlah perkembangan jamur🍄 dan bakteri yang dapat tumbuh pada bantal seiring berjalannya waktu.

💡Memilih ukuran bantal yang tepat

Biasanya, balita cukup tidur dengan bantal berukuran 13-18 inci. Mereka tidak memerlukan bantal berukuran standar orang dewasa🚶‍♀️.

💭Hindari bantal yang terlalu empuk

Hindari memilih bantal yang terlalu empuk karena dapat berisiko membuat kepala bayi tenggelam ke dalamnya ketika sedang tidur🛏️. Pilihlah bantal yang rata, dan kencang.

📝Memilih bahan isian bantal yang tepat

Pilih bantal isian yang mengandung busa memori atau serat sintetis bagi si kecil. Meskipun banyak bantal yang mengklaim menggunakan bahan ramah lingkungan seperti rami, tapi rami bukanlah pilihan yang tepat bagi si kecil😉.