post-title

Kenapa anak sulit mewarnai dengan rapi?

Kegiatan mewarnai biasanya disukai oleh banyak anak-anak. Melalui kegiatan ini, anak berlatih memilih warna, dan mewarnai🖍️ di dalam garis dengan rapi. Tetapi, ada anak yang sulit untuk mewarnai dengan rapi. Apa ya penyebabnya?


Penyebab anak sulit untuk mewarnai dengan rapi

✍🏻Si kecil masih mengembangkan kekuatan tangannya

Kegiatan mewarnai merupakan salah satu sarana latihan bagi si kecil untuk mengembangkan kekuatan tangannya✋. Diperlukan latihan bertahun-tahun untuk membentuk memori otot yang dibutuhkan anak supaya dapat menulis dan mewarnai dengan rapi.

🤓Anak masih mempelajari batasan

Konsep mengenai batas dan spasial biasanya baru mulai dipahami anak ketika menginjak usia 12 bulan. Karena itu, adalah hal yang normal apabila anak mewarnai dengan berantakan tanpa memerhatikan garis batasan📏 hingga mereka berusia 2-3 tahun.

✨Keterampilan motorik halus yang masih berkembang

Si kecil tentunya memerlukan waktu untuk belajar cara memegang alat mewarnai dengan benar pada usia prasekolah sampai akhirnya ia dapat mewarnai dengan rapi. Keterampilan motorik halus si kecil berkembang seiring dengan waktu⏲️.


Tips mengenalkan berbagai macam warna pada anak

🥑Mengajari warna dari warna buah

Anda dapat menggunakan buah-buahan untuk dijadikan sarana belajar warna si kecil. Contohnya, pisang yang berwarna kuning, apel berwarna merah, dan anggur🍇 yang berwarna ungu.

📝Memperkenalkan warna dasar

Anda dapat mengajari si kecil warna-warna dasar yang mudah untuk dihafal anak. Warna dasar yaitu, merah❤️, kuning, hijau, hitam, dan putih.

🍃Memperkenalkan warna melalui tumbuhan dan hewan sekitar

Mengajari anak warna dengan menggunakan sarana hewan dan tumbuhan sekitar tentunya akan menarik bagi si kecil. Setiap tumbuhan dan hewan🐟 mempunyai warna yang berbeda yang akan memudahkan si kecil dalam membedakan dan menghafal warna.


Cara mengajari anak mewarnai!

✔️Mengajari cara memegang pensil warna yang benar

Pertama-tama, ajari anak cara memegang pensil warna dengan benar agar hasil mewarnai terlihat rapi dan bagus. Ingatlah untuk tidak terburu-buru dan tetap bersabar saat mengajari si kecil👶.

💨Hindari memaksa saat anak mulai merasa bosan

Kondisi anak yang masih sangat labil membuat mereka akan tidak suka apabila Anda terlalu memaksa mereka. Anda dapat memberikan waktu jeda sebentar, hingga mood😊 mereka untuk mewarnai kembali muncul.