post-title

Hiperleksia? Anak terlalu cepat bisa membaca!

Apakah si kecil sudah bisa membaca🤓 sebelum berusia 3 tahun? Orang-orang sering menganggap bahwa si kecil mempunyai kecerdasan yang tinggi, tapi bisa jadi ia mengalami hiperleksia!


Mengenal lebih dalam hiperleksia

❓Apa itu hiperleksia?

Hiperleksia merupakan kondisi ketika anak belajar membaca lebih awal tanpa diajarkan, disertai dengan gangguan perkembangan saraf, mempunyai keterampilan membaca tingkat lanjut. Anak juga mempunyai preferensi yang kuat terhadap tulisan dan buku📙.

👀Pemrosesan visual yang lebih aktif

Berdasarkan studi pencitraan otak🧠, anak yang mengalami hiperleksia memiliki area otak pemrosesan visual yang lebih aktif. Bagi mereka, kegiatan membaca merupakan kegiatan yang berulang tanpa adanya pemahaman.


Bagaimana gejala hiperleksia?

✔️Ketertarikan yang kuat pada alfabet

Anak dengan hiperleksia biasanya memiliki ketertarikan yang kuat pada alfabet, huruf, dan angka. Mereka dapat membaca serta menguraikan kata-kata yang terdapat di dalam buku, namun kesulitan untuk menjawab pertanyaan📝 mengenai makna dari bacaan.

💨Tidak dibarengi dengan kemampuan bicara dan bahasa yang setara

Umumnya, anak dengan hiperleksia memiliki kemampuan membaca yang sangat baik, namun memiliki kesulitan😞 yang signifikan dalam menghadapi interaksi sosial. Mereka juga biasanya kesulitan dalam memahami serta menggunakan bahasa verbal.


Tips hadapi anak dengan hiperleksia

💭Mendorong perkembangan bahasanya

Bantu anak untuk mengembangkan kemampuan bahasanya dengan rutin mengajaknya berbicara. Anda juga dapat mengajaknya bermain role play🏠 untuk berlatih percakapan dalam berbagai situasi yang menarik.

😉Pastikan untuk tidak berbicara terlalu cepat

Pastikan Anda tidak berbicara dengan terlalu cepat. Hal ini karena anak dengan hiperleksia biasanya memerlukan waktu⏲️ yang lebih lama untuk memahami komunikasi verbal.