post-title

Si kecil sering memukul kepalanya sendiri!

Pastinya Anda akan khawatir jika melihat si kecil sering memukul✋ kepalanya sendiri. Apa sebenarnya arti di balik hal ini? Yuk, kenali penyebabnya dan cara menanganinya!


Mengapa si kecil senang memukul kepalanya sendiri?

☘️Bagian dari perkembangan si kecil

Si kecil yang memukul kepalanya sendiri ketika sebelum atau saat tidur🛏️ adalah bagian dari tumbuh kembangnya. Hal tersebut merupakan mekanisme dari perkembangan sistem saraf dalam berinteraksi dengan pengaruh lingkungan.

☁️Cara si kecil untuk mengekspresikan emosi

Bayi dan balita tentunya belum mampu mengekspresikan emosinya seperti orang dewasa🚶‍♀️. Karena itu, biasanya mereka akan banyak melakukan tindakan fisik saat merasakan emosi tertentu.

👀Mencari perhatian

Balita biasanya cenderung untuk menyakiti dirinya sendiri untuk mendapatkan perhatian orang tuanya apabila ia merasa menangis😭 atau berteriak belum cukup untuk mendapatkan perhatian. Karena orang tua akan memberikan perhatian terhadap tindakannya tersebut, maka si kecil akan cenderung untuk melakukannya kembali berulang-ulang.

🌬️Menenangkan dirinya sendiri

Adalah hal yang normal apabila si kecil hanya melakukan tindakan memukul kepalanya sendiri sebentar dan tidak lebih dari 15 menit. Hal seperti memukul kepalanya sendiri, bermain dengan rambut boneka🧸 adalah mekanisme tubuh bayi dalam menenangkan dirinya sendiri sebelum atau ketika tidur.


Cara mengatasi si kecil yang senang memukul kepalanya sendiri

👩Memberikan pengertian

Walaupun si kecil belum dapat membalas kata-kata yang Anda ucapkan, tapi ia mengerti maksud dari ucapan👄 Anda. Karena itu, cobalah memberikan pengertian padanya supaya ia tidak menyakiti dirinya sendiri.

💖Memeluk si kecil

Segera peluk si kecil jika ia mulai menyakiti dirinya sendiri dan tantrum. Belaian lembut Anda dapat efektif meredakan emosi si kecil dan membuatnya merasa tenang😊.

✔️Mengalihkan perhatian si kecil

Segera raih tangan si kecil dan alihkan perhatiannya pada hal lain ketika ia mulai memukul kepalanya. Contohnya, Anda dapat menunjuk ke arah burung🐦 atau cicak yang sedang merayap di dinding.