post-title

Perbedaan batuk biasa dengan batuk alergi!

Pastinya sulit untuk membedakan batuk💨 biasa dengan batuk alergi karena gejalanya yang mirip. Tentunya perlu untuk membedakan keduanya dengan tepat agar dapat ditangani dengan tepat sesuai dengan penyebabnya.


Bagaimana cara membedakan batuk biasa dengan batuk alergi?

⚡Mengenali jenis batuk

Batuk dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk basah. Batuk kering ditandai dengan perih pada tenggorokan dan dapat menimbulkan sesak napas🌬️. Batuk kering ini lebih berpotensi mengarah pada alergi. Sedangkan batuk basah biasanya disertai dengan adanya lendir.

🗓️Menghitung berapa hari si kecil sakit

Biasanya, gejala parah pada batuk pilek biasa hanya terjadi dalam 2 hingga 3 hari. Demam juga mulai turun dan si kecil mulai sembuh begitu diberikan obat sesuai dengan resep dokter👩‍⚕️. Sedangkan alergi biasanya memerlukan observasi lebih lanjut guna mendeteksi penyebab dan jenisnya.

👀Lihat kondisi mata anak

Ketika terserang suatu penyakit, sorot mata adalah hal yang mudah untuk diamati. Ada yang matanya berair dan berubah warna disertai sedikit semburat kekuningan atau kemerahan. Apabila perubahan pada mata anak semakin parah☹️, maka Anda perlu mewaspadai anak mengalami alergi.


Tips atasi batuk biasa dan batuk alergi dengan alami

✨Menghindari alergen

Biasanya, gejala batuk alergi akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari setelah menghindari paparan alergi. Jangan lupa untuk membersihkan lingkungan sekitar agar terhindari dari berbagai alergen, serbuk sari, debu, dan jamur🍄.

💭Minum cairan hangat pereda batuk

Cairan hangat pereda batuk seperti madu, teh jahe, minuman mentol, atau teh chamomile dapat membantu meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Sedangkan ketika tidur🛏️, gunakan bantal tambahan agar lebih mudah bernapas.

🌊Banyak minum air putih

Pastikan tubuh untuk tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih. Mandi🚿 dengan air hangat atau memakai humidifier atau uap air panas juga dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan saluran pernapasan.