post-title

Paronikia, kuku anak cantengan!

Kuku cantengan tidak hanya dialami orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya. Terdapat berbagai penyebab yang membuat kuku anak jadi cantengan. Mari kenali penyebabnya untuk mencegah si kecil mengalami kuku👣 cantengan.


Sebelumnya, yuk kenali lebih dalam apa itu cantengan!

💡Cantengan atau paronikia

Kuku cantengan disebut dengan paronikia dalam istilah medis. Infeksi ini dapat terjadi di kuku tangan dan kuku kaki anak. Paronikia akan membuat si kecil kesakitan😞 yang dapat mengganggu aktivitasnya.

⚡Ada 2 jenis paronikia!

Terdapat 2 jenis paronikia, yaitu paronikia akut dan paronikia kronis. Paronikia akut disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang memiliki gejala nyeri, kemerahan, bengkak hingga demam. Paronikia kronis disebabkan oleh infeksi jamur🍄 Candida. Biasanya jamur ini menempel ketika anak terlalu lama bermain di dalam air. 


Berbagai penyebab kuku anak cantengan

👟Alas kaki yang terlalu sempit

Alas kaki yang terlalu sempit dapat membuat kaki si kecil terluka yang disebabkan oleh gesekan dari sandal atau sepatu yang tertutup. Kaus kaki🧦 yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan kaki si kecil cantengan karena kuku yang tertekan ke dalam.

🌊Tidak teliti ketika membersihkan kuku

Kurang teliti saat membersihkan kuku anak dapat membuat kuku si kecil cantengan. Kotoran yang masih menempel di sela kuku akan mengganggu pertumbuhan kuku dan juga menyebabkan bakteri🦠 berkembang biak.

👄Si kecil terbiasa menggigit kuku

Kebiasaan buruk menggigit kuku tangannya sendiri dapat menyebabkan kuku cantengan. Hal tersebut dapat menyebabkan infeksi😖 kuku.

📌Terlalu pendek memotong kuku si kecil

Memotong✂️ kuku si kecil terlalu pendek juga dapat menyebabkan cantengan. Kuku si kecil bisa jadi malah tumbuh ke dalam karena tertekan oleh daging di dekat kuku.


Tips tangani kuku cantengan pada anak!

✔️Gunakan alas kaki yang nyaman

Usahakan untuk selalu memberikan alas kaki yang nyaman untuk si kecil. Hindari memberikan alas kaki👟 yang terlalu ketat atau kekecilan.

☁️Bantu si kecil mengurangi kebiasaan menggigit kuku

Anda dapat membantu si kecil untuk mengurangi kebiasaan buruknya menggigit kukunya sendiri. Contohnya dengan menggoyangkan tangannya atau meniup🌬️ ujung ibu jarinya sampai rasa stres si kecil mereda.

📝Rendam dengan air hangat

Anda bisa menyiapkan air hangat yang sudah dicampur dengan garam secukupnya. Lalu rendam bagian tubuh anak yang mengalami cantengan sekitar 15 menit⏲️ sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.